TAUSIAH KEAGAMAAN. SILATURRAHIM JALAN MENUJU TUHAN (2)

by admin
2 views
TAUSIAH KEAGAMAAN
SILATURRAHIM JALAN MENUJU TUHAN (2)
Ahmad Thib Raya
Jakarta- Hotel Swissbelinn, Rabu, 11 Mei 2022
Silaturrahim itu memang salah satu jalan dari Allah untuk menuju kepada-Nya. Jika seseorang tetap menjaga hubungan silaturrahimnya maka Allah pun tetap memberikan jalan itu. Jika meutuskan silaturrahim, maka Allah pun meutuskan jalan itu. Hal ini terlihat dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh bebarapa perawi hadis, di antaranya Imam Bukhari, Muslim dan Ahmad yang bersumber dari Abu Hurairah. Hadis itu sebagai berikut:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ عَلَيْهِ السَّلَامُ قَالَ: ” خَلَقَ اللَّهُ الْخَلْقَ فَلَمَّا فَرَغَ مِنْهُ قَامَتِ الرَّحِمُ، فَقَالَ: مَهْ، قَالَتْ: هَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِكَ مِنَ الْقَطِيعَةِ، فَقَالَ: نَعَمْ، أَلَا تَرْضَيْنَ أَنْ أَصِلَ مَنْ وَصَلَكِ، وَأَقْطَعَ مَنْ قَطَعَكِ؟ قَالَتْ: بَلَى. قَالَ: فَذَلِكَ لَكِ.
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda: “Allah telah menciptakan seluruh makhluk-Nya, termasuk rahim itu. Setelah semua makhluk itu diciptakan, maka bangkitlah dan berdirilah rahim itu di antara mereka. Lalu Allah mengatakan kepadanya: “Mintalah apa yang ingin engkau minta dari-Ku. Rahim lalu berkata: Ini adalah tempat berlindung dari orang meminta perlindungan kepada-Mu dari memutuskan silaturrahim. Lalu Allah berfirman: Ya, benar. “Apakah engkau tidak senang jika Aku menyambung hubungan dengan orang yang selalu menyambung hubungan denganmu dan Aku memutuskan hubungan dengan orang yang memutuskan hubungan denganmu? Rahim berkata: “Ya, Benar.” Allah berfirman: “Ini adalah bahagian bagimu.”
Begitu dahsyatnya, permohonan Rahim itu kepada Allah. Jika kita menyambung silaturrahim, maka Allah selalu menyambung hubungan-Nya dengan kita. Jika sebaliknya, kita memutuskan hubungan silaturrahim, maka Allah pun memutuskan jalan dari-Nya. Na’Uzdu bilaahi min dzalika.
Saudara-saudaraku. Hari-hari ini, sampai kapan pun dan di mana pun, marilah kita menyambung kembali hubungan silaturrahim yang pernah terputus dengan sudara-saudara kita agar jalan menuju Tuhan selalu terbentang untuk kita. Silaturrahim terputus, maka terputus pula rahmat dan berkah dari Allah.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. KAPAN ZAKAT FITRAH WAJIB DIKELUARKAN?
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini