MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. PELIHARALAH TIGA HUBUNGAN AGAR SELAMAT DUNIA-AKHIRAT

by admin
1 views
MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN
PELIHARALAH TIGA HUBUNGAN AGAR SELAMAT DUNIA-AKHIRAT
Ahmad Thib Raya
Jakarta-Matraman Dalam, Senen, 9 Mei 2022
Adalah menjadi kewajiban setiap manusia untuk menyambung, menjaga, dan melestarikan silaturrahim di antara mereka. Disebut kewajiban, karena Allah memerintahkan kepada manusia untuk melakukan hal itu. Perintah di sini adalah wajib.
Perintah untuk menjaga silaturrahim itu disebutkan oleh Allah di dalam salah satu ayat, S. Al-Nisa’ [5]: 1: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”
Di dalam ayat di atas Allah mengajak, menyeru dan memerintahkan semua makhluk manusia, tanpa kecuali, yang beriman maupun yang tidak beriman, untuk senantiasa menjaga diri mereka dengan melakukan tiga hal, yaitu:
1. Bertakwalah kepada Allah, yaitu menjaga hubungan dengan Allah yang telah menciptakan manusia dari diri yang satu, yang telah menciptakan pasangannya, dan menciptakan manusia yang banyak, laki-laki maupun perempuan. Cara menjaga hubungan dengan Allah itu adalah dengan melakukan segala yang diperintahkan Allah dan meninggalkan semua larangan-Nya.
2. Bertakwalah kepada Allah, yaitu menjaga hubungan dengan Allah dengan menyebut nama-nama-Nya yang agung. Dengan nama-nama-Nya itu engkau saling meminta satu sama lain, yaitu meminta bantuan, dan meminta pertolongan. Setiap manusia saling membutuhkan satu sama lain. Sebab, tidak seorang pun yang dapat hidup sendiri tanpa manusia lain. Dalam menjaga hubunganmu dengan manusia yang lain, tidak boleh lupa akan hubunganmu dengan Tuahnmu.
3. Jagalah dan peliharalah hubungan silaturrahim di antara kalian dengan tetap menjaga hubungan yang baik di antara kalian. Hubungan silaturrahim yang dijaga dan dipelihara secara terus menerus akan melahirkan hubungan timbal balik yang baik di antara kalian, melahirkan keseimbangan, dan bahkan melahirkan ketenteraman, kedamaian, dan ketenangan dalam keberagaman kehidupan.
Setiap manusia harus menyadari bahwa mereka semuanya berasal dari tempat yang sama, yaitu rahim ibu, walau kemudian mereka berada dalam posisi, kedudukan, dan keadaan yang berbeda. Kesombongan terhadap posisi dan kedudukannya itulah yang menyebabkan manusia tidak mamu menjaga dan memelihara hubungan silaturrahim itu.
Tiga perintah Allah itu bersifat universal, berlaku untuk makhluk yang bernama manusia. Kalau dia menyebut dirinya manusia, dia wajib menjaga ketiga hubungan itu, hubungan dengan Allah secara khusus, hubungan dengan Allah dan sesama manusia secara seimbang, dan hubungan silaturrahim dengan sesama manusia secara khusus. Hablun minallah wa hablun minannas.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. MAKNA DAN HIKMAH ZAKAT FITRAH
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini