MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. HAKIKAT “SILATURRAHIM

by admin
2 views
MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN
HAKIKAT “SILATURRAHIM
Ahmad Thib Raya
Jakarta-Matraman Dalam, Ahad, 8 Mei 2022
Sudah menjadi kewajiban kita untuk melakukan silaturrahim dengan sesama manusia, dalam konteks apa pun kita berada. Silaturrahim itu tidak dilakukan secara terbatas, hanya pada orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan kita, orang-orang yang kita kenal, kawan, teman dan sahabat saja, tetapi dilakukan dalam semua keadaan.
Hubungan silaturrahim itu tidak saja terjalin dengan baik antara sesama penganut suatu agama atau dalam agama yang sama, tetapi juga dengan penganut-penganut agama yang lain. Sebab, semua manusia berasal dan lahir dari tempat yang sama, yaitu rahim, kandungan ibu.
Oleh sebab itu, silaturrahim itu pada hakikat berwujud dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:
1. MEMULAI HUBUNGAN SILATURRAHIM
Kegiatan ini dilakukan dengan menjalin hubungan silaturrahim dengan orang-orang yang belum kita kenal sebelumnya. Ini merupakan kegiatan awal dari silaturrahim yang dilakukan oleh seseorang. Saling kenal mengenal satu sama lain adalah bahagian dari silaturrahim. Tidakkah kita ingat, Allah berfirman dalam salah satu ayat: “Kami ciptakan kalian dari laki-laki dan perempua, lalu Kami jadikan kalian bersuku-suku, berbangsa-bangsa, agar kamu saling kenal-mengenal, menjalin persaudaraan dan persahabatan, serta saling cinta-mencintai.
2. MENJAGA HUBUNGAN SILATURRAHIM YANG SUDAH ADA
Hubungan silaturrahim yang sudah ada harus dijaga dan dilestarikan. Lakukan berbagai upaya agar hubungan silaturrahim Anda dengan sesama Anda tidak terganggu. Di antara yang harus dilakukan adalah hindarkan sikap sombong, hindarkan sikap iri, dan hindarkan sikap-sikap buruk sangka kepada sesama Anda. Sikap-sikap ini akan mudah meruntuhkan hubungan silaturrahim itu.
3. MEMPERERAT DAN MEMPERKOKOH SILATURRAHIM
Hubungan silaturrahim di antara sesama itu adalah sesuatu yang sangat mahal. Hubungan yang baik itu tidak akan sanggu membayarnya dengan harga yang mahal, meskipun Anda memiliki uang yang banyak. Ada beberapa hal yang membuat hubungan silaturrahim menjadi bertambah erat, yaitu saling kunjung mengunjung, suka berbagi, suka memberi, walau dengan bantuan dan nasehat yang baik. Saling memaafkan atas kesalahan adalah bahagian yang tidak terlepaskan dari upaya mempererat silaturrahim itu.
4. JANGAN PERNAH MEMUTUSKAN SILATURRAHIM
Hubungan silaturrahim yang sudah terjalin harus dijaga dan dipelihara. Jangan sampai hubungan silaturrahim yang sudah ada terputus. Jika hubungan silaturrahim Anda dengan sesama maka Anda sebenarnya telah mengasingkan diri Anda dari orang lain. Jika ini terjadi, maka sebenarnya Anda akan hidup dalam lingkungan yang terbatas, jauh dari kawan, jauh dari teman, dan jauh dari sahabat.
Menjaga dan melesatrikan hubungan silaturrahim akan menyebabkan tercurahnya rahmat Allah kepada Anda. Ingatlah bahwa rahmat dan kasih sayang Allah datang kepada Anda karena Anda menyayangi sesamamu. Sebaliknya, memutuskan hubungan silaturrahim dengan saudara Anda, akan menyebabkan terputusnya rahmat Allah kepada Anda. Ingatlah bahwa laknat dan murka Allah akan datang kepada Anda karena memutuskan silaturrahim dengan sesamamu.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   RAMADAN: BULAN YANG AGUNG DAN MUBARAK. KEUTAMAAN BULAN RAMADAN (4)
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini