MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. ARTI DAN MAKNA KATA “SILATURRAHIM” (1)

by admin
3 views
MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN
ARTI DAN MAKNA KATA “SILATURRAHIM” (1)
Ahmad Thib Raya
Jakarta-Matraman Dalam, Jumat, 6 Mei 2022
Sebelum kita memulai menjelaskan makna kata “silaturrahim,” ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu cara penulisannya di dalam bahasa Indonesia. Ada dua cara penulisan yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, yaitu “silaturahim” dan “silaturahmi.”
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedua kata ini terdapat di halaman 1306. Yang tertulis pertama adalah kata “silaturahim” yang menggunakan satu “r” lalu diberi anak panah ke kata “silaturahmi.” Maksudnya adalah untuk mengetahui makna “silaturahim” itu kita diminta merujuk (melihat) ke kata “silaturahmi.” Ini menunjukkan bahwa kata “silaturahim” dan kata “silaturahmi” disamakan artinya dalam bahasa Indonesia.
Dalam penjelasannya di KBBI itu kata “silaturahmi” diartikan dengan “tali persahabatan (persaudaraan), seperti dalam ungkapan “malam silaturahmi,” berarti malam persahabatan (persaudaraan). “Bersilaturahmi” diartikan dengan “mengikat tali persahabatan (persaudaraan)”, seperti dalam kalimat “Mereka bersilaturhmi ke rumah sanak saudaranya,” artinya: “Mereka mengikat tali persahabatan ke rumah sanak saudaranya.”
Dari penggunaannya dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia, kita dapat berkata bahwa penggunaan kedua kata itu “silaturahim” dan “silaturahmi” sama-sama benar dan maknanya sama. kedua kata ini sama-sama benar, apakah “silaturahim” atau “silaturahmi.” Dalam konteks menyambung hubungan persaudaraan, kedua kata ini dapat digunakan, karena sama-sama benarnya.
Kata “silaturahim” yang digunakan hanya satu “r” dalam bahasa Indonesia itu sebenarnya memiliki dua “r” sehingga menjadi “silaturrahim.” Demikian pula kata “silaturahmi” yang ditulis dengan satu “r”, sebenarnya dua “r”-nya sehingga menjadi “silaturrahmi.” Kedua kata itu ditulis dengan satu “r” karena dilakukan proses pengistilahan, yang hurufnya ganda dijadikan satu saja dalam kaidah pembuatan istilah dalam bahasa Indonesia. Ungkapan صِلَةُ الرَّحِمِ (shilah al-rahimi), jika ditransliterasikan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi “shilat al-rahim” dan صِلَةُ الرَّحْمِ (shilat al-rahmi) menjadi shilat al-rahmi.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   PESAN MILAD. HARI, TANGGAL, DAN BULANNYA SAMA, TAHUN YANG BERBEDA
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini