Kunjungi Bung Bayu Wahyu Panigoro, Rizka Mokoginta: Bertukar Gagasan dan Pengembangan Usaha Pemuda

by admin
3 views
PEMUDAMUSLIM.ORG, BITUNG- Bendahara Wilayah Pemuda Muslim Papua Saudari Rizka Mokoginta berkesempatan silaturahim dengan Ketua Cabang Pemuda Muslimin Indonesia Kota Bitung, Sulawesi Utara Bung Bayu Wahyu Panigoro pada Jum’at 6 Mei 2022.
“Ngopi-ngopi Progresif Kaum Serikat, Bersama Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Kota Bitung Kak Bayu Wahyu Panigoro. Kebetulan beliau juga seniornya bosquee Imam Alfian di Remaja Mesjid. Banyak hal yang kami bincangkan terutama saling tukar ide berkaitan dengan pengembangan usaha khususnya bagi pemuda” ujar Rizka dalam unggahan Facebooknya @Rizka Mokoginta.
Kota Bitung adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota yang dari suku bangsa Minahasa sub etnis Tonsea ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki gunung Dua Saudara dan sebuah pulau yang bernama Lembeh.
Masuknya Islam Ke Tanah Minahasa
Suku Minahasa telah kedatangan tokoh Islam bernama Kyai Modjo dari Jawa. Ia adalah panglima Perang Jawa yang ditangkap Belanda pada 1828 dan dibuang ke sebuah kampung yang kini bernama Kampung Jawa Tondano (Jaton).
Jauh sebelum kedatangan Kyai Modjo, orang-orang Islam (pedagang Arab) sudah sampai ke pesisir Sulawesi Utara, yakni pada tahun 1590-an. Namun, menurut Jessy Wenas dalam Sejarah dan Kebudayaan Minahasa (2007: 23), mereka tidak masuk ke pedalaman Minahasa yang saat itu masih kuat memeluk kepercayaan Alifuru.
Pada awal berkembangnya agama-agama dari luar Minahasa, para pemuka agama di sekitar danau Tondano hidup rukun berdampingan.
Kategori: Pimpinan Wilayah
Reporter: Sy
Bidang Media dan Penggalangan Opini
PB Pemuda Muslimin Indonesia

sumber: pemudamuslim.org

BACA JUGA:   Ketua Wilayah Pemuda Muslim Papua Terima Mandat Pimpin IPSS Provinsi Papua
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini