Hindari Karakter Ini Agar Anda Menjadi Pemecah Masalah Bukan Sumber Masalah

by admin
7 views
Hindari Karakter Berikut agar Anda Menjadi Pemecah Masalah Bukan Sumber Masalah
Oleh: Ervan Taufiq
“Sikap positif mungkin tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi bisa membuat penyelesaian masalah menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan”. -Grant Fairley-
Dalam kehidupan sehari-hari, Anda selalu berhadapan dengan berbagai persoalan dan tantangan yang membutuhkan sebuah penyelesaian. Anda pasti juga memiliki berbagai keinginan dan impian yang ingin diwujudkan. Semua itu dapat lebih mudah tercapai jika Anda menguasai ketrampilan dalam menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan.
Penyelesaian masalah bukanlah sebuah bakat atau keberuntungan, namun sebuah ketrampilan dan kebiasaan yang dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapapun. Untuk menjadi seorang pemecah masalah Anda perlu menghindari beberapa karakter yang akan menghambat Anda menjadi seorang pemecah masalah.
Karakter pertama yang harus Anda hindari adalah karakter “Nona Pendesah”. Orang yang memiliki karakter ini cenderung berpikir negatif, pesimis dan takut gagal. Mereka memilih menyerah pada keadaan yang menimpanya dan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi.
Karakter berikutnya adalah “Tuan Pengkritik”. Orang-orang yang memiliki karakter ini hanya suka bicara dan menyalahkan orang lain atas setiap kesalahan yang dilakukan. Orang-orang yang memiliki karakter “Tuan Pengkritik” ini sebenarnya takut mengambil tanggung jawab dan takut membuat kesalahan.
Terakhir, ada karakter “Nona Pemimpi” dan “Tuan Ayo-Kerjakan”. Orang yang memiliki karakter Nona Pemimpi adalah orang-orang yang memiliki impian dan gagasan besar namun tidak berusaha mewujudkannya. Sedangkan orang yang memiliki karakter “Tuan Ayo- Kerjakan” adalah orang-orang yang memiliki sikap positif dan pekerja keras namun ia tidak pernah memikirkan cara terbaik dalam mewujudkan impiannya.
Berbeda dengan karakter-karakter tersebut, seorang pemecah masalah (problem solver) selalu berpikir positif dan tenang dalam menghadapi sebuah tantangan dan masalah. Seorang pemecah masalah mampu menemukan akar dari sebuah permasalahan, mencari solusi terbaik dan mengeksekusi rencana tersebut dengan sempurna.
Kategori: Ekonomi
Penulis adalah Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Indonesia | Owner Raja Ayam 

sumber: pemudamuslim.org

BACA JUGA:   Kekuatan dari Kebiasaan
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini