MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. JAGALAH HUBUNGANMU DENGAN ALLAH DAN SESAMA (1)

by admin
2 views
MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN
JAGALAH HUBUNGANMU DENGAN ALLAH DAN SESAMA (1)
Ahmad Thib Raya
Jakarta-Matraman Dalam, Rabu, 4 Mei 2022
Bulan Ramadan baru saja tiga hari meninggalkan kita. Selama bulan Ramadan kita telah melatih diri kita, melakukan riyadhah, melakukan mjahadah dan memenuhi hari-hari bulan itu dengan amal yang banyak. Ramadan telah menempa kita dengan berbagai amal saleh yang

terbaik.
Siang hari kita berpuasa, melaksanakan kewajiban salat fardu yang dilakukan pada siang hari, dan ibadah-ibadah yang lain. Malam harinya kita melaksanakan banyak kegiatan ibadah. Salat fardu di malam hari kita lakukan, salat tarawih kita lakukan, salah witir kita lakukan, salat tahajud kita lakukan, tadarus kita lakukan, dan segala macam kegiatan ibadah telah kita lakukan.
Untuk berbuka puasa kita siapkan makanan takjil, kita berbagi takjil, kita bersedekah dari sebagian dari harta kita, kita memberi makanan pembuka puasa, kita berbagi apa yang pada kita sesuai dengan kemampuan kita. Kita melaksanakan acara buka puasa bersama, salat tarawih berjamaah, tahajud bersama, bahkan sahur bersama, dan bahkan kita lakukan iktikaf di masjid sesuai dengan kesempatan dan kemampuan kita.
Di akhir Ramadan kita mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal bagi yang mampu, dan kita melaksanakan salat Idul Fitri, baik di masjid maupun di lapangan untuk menunjukkan kebersamaan dan kesatuan kita. Usai melaksanakan salat Idul Fitri, kita bersalaman dan saling memaafkan satu sama lain, lalu saling berkunjung dan berziarah dengan tetangga dan keluarga.
Semua kegiatan amaliah dan ibadah yang saya uraikan di atas dilakukan dalam rangka mewujudkan dua hubungan yang sangat baik, yaitu hubungan baik dengan Allah dan hubungan baik dengan sesama. Kedua hubungan baik itu harus kita jaga dan lestarikan terus, tidak hanya pada waktu tertentu, seperti pada bulan Ramadan, tetapi juga di waktu-waktu yang lain sesudah bulan Ramadan, dan selamanya.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   Kamis, 7 April 2022, Ketua SI Wakaf berbagi ilmu kepada jamaah salat Zuhur di Madjid al-Bina Komplek Gelora Bung Karno
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini