MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN. HARI IDUL FITRI ADALAH HARI KEMENANGAN

by admin
4 views
MUTIARA-MUTIARA BULAN RAMADHAN
HARI IDUL FITRI ADALAH HARI KEMENANGAN
Ahmad Thib Raya
Jakarta-Matraman Dalam, Selasa, 3 Mei 2022
Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi orang yang telah melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain di dalam bulan Romadhan. Mengapa hari ini disebut hari kemenangan? Sebab, Hara Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi mereka yang telah berpuasa dan telah melaksanakan ibadah-ibadah yang lain.
Ada beberapa kemenangan yang diperoleh oleh mereka yang telah berpuasa pada hari ini, yaitu:
1. Mereka meraih kemenangan karena mereka mampu memerangi dan mengendalikan hawa nafsu mereka. Mereka telah berhasil berjihad melawan hawa nafsu mereka yang luar biasa. Jihad yang paling besar, bukan jihad dalam peperangan melawan musuh yang nyata di hadapan Anda, tetapi kemenangan yang paling besar adalah kemenangan mengalahkan keinginan nafsu.
2. Mereka meraih kemenangan karena mereka telah mampu mengantarkan diri mereka kepada kesucian yang sempurna hingga akhir bulan Ramadan ini. Pada saat ini semua orang yang telah berpuasa dan telah melaksanakan amal saleh di dalam bulan Ramadan telah kembali kepada kesucian diri mereka. Mereka kini bagaikan anak yang baru lahir, tanpa noda dan tanpa dosa sedikit pun di dalam diri mereka. Allah telah mengampuni semua dosa mereka.
3. Mereka meraih kemenangan karena pada hari Raya Idul Fitri ini mereka mendapatkan hadiah dan penghargaan dari Allah swt. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadisnya: “Allah lalu bertanya kepada para malaikat: “Apa balasan bagi seorang pelayan yang telah melakukan tugasnya? Lalu malaikat menjawab: “Wahai Tuhan kami, pelindung kami, balasannya adalah hendaknya Engkau menyempurnakan pahalanya.” Lalu Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku menjadikan kalian sebagai saksi-ku, wahai malaikat-Ku, bahwa sesungguhnya Aku telah memberikan pahala dari puasa mereka selama di dalam bulan Ramadan dan Aku jadikan qiyamul lail (salat Tarawih) mereka sebagai rida-Ku dan pengampunan-Ku atas dosa-dosa mereka.
4. Mereka meraih kemenangan karena hari ini merupakan awal yang baik bagi mereka dalam menjalani kehidupan yang berikutnya. Mereka telah diberi pahala yang berlipat, mereka diridhai Allah, dan mereka telah dibersihkan oleh Allah dari semua dosa mereka dengan ampunannya.
Kita sempurnakan kemenangan kita pada hari ini dengan membersihkan diri dari dosa dengan sesama dengan saling memberi maaf, saling memaafkan satu sama lain, dan menjaga hubungan silaturrahim dengan baik.
Mari kita pertahankan kemenangan itu di hari-hari mendatang dengan mengendalikan hawa nafsu kita kepada kebaikan, memperbanyak amal kebajikan, dan senantiasa menjaga hubungan yang baik dengan Allah dan menjaga hubungan yang baik dengan sesama. Semoga kita semua menjadi manusia yang mampu meraih kemenangan itu dan mampu pula mempertahakannya. Aamiin.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12

BACA JUGA:   RAMADAN: BULAN YANG AGUNG DAN MUBARAK. MENGAPA NIAT PUASA MENJADI PENTING?
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini