SESMI Berharap NU Dapat Lebih Moderat Lagi dalam Menyikapi Berbagai Isu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Serikat Sarjana Muslim Indonesia (SESMI), Awaludin, mengucapkan selamat atas terpilihnya KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai Ketua Umum PBNU dalam sidang Muktamar NU ke-34, di Lampung, pada Jumat (24/12/2021).

Dia mengharapkan di bawah kepemimpinan Gus Yahya, NU ke depan dapat lebih moderat lagi dalam menyikapi berbagai isu.

“Seperti isu agama, kemanusiaan baik di dalam maupun luar negeri. Kami berharap di bawah kepemimpinan Gus Yahya, NU menjadi organisasi yang mampu menjadi spirit kebangsaan Indonesia dan pluralitas ummat,” kata Awaludin dalam keterangannya, pada Jumat (24/12/2021).

BACA JUGA:   DPP SESMI Gelar Rakernas dan Orientasi Anggota, Cicit HOS Tjokroaminoto Hadir

Sebagai sosok pribadi, Awaludin menilai, Gus Yahya adalah sosok yang layak dan tepat memimpin organisasi sekaliber Pengurus Besar Nahdatul Ulama.

Selain itu, kata dia, pengalaman Gus Yahya yang aktif di berbagai lembaga menjadi salah satu indikatornya.

“Beliau pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam, beliau pernah menjadi Wantipres pada tahun 2014 hingga 2019 serta beliau aktif menjadi pembicara bukan cuma di dalam negeri tetapi juga di luar negeri,” kata pria yang pernah menjabat Ketua Umum HMI Jakarta Pusat Utara Periode 2013 – 2014 itu.

BACA JUGA:   DPP SESMI Helat Rakernas dan Orientasi Anggota di KONI Bekasi

Awaludin mengungkapkan, Gus Yahya diketahui pernah mengeluarkan gagasan mengenai konflik di Timur Tengah pada Juni 2018.

Lalu, menjadi pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC) di Israel menyuarakan menyerukan konsep rahmat, sebagai solusi bagi konflik dunia, termasuk konflik yang disebabkan agama.

Gus Yahya berhasil mendapatkan perolehan suara dari kandidat lain, KH Said Aqil Siradj dengan jumlah suara yakni mencapai 327 suara.

Gus Yahya terpilih dalam Sidang Pleno III & IV Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama yang diadakan di Lampung sejak Kamis, 23 Desember 2021 hingga 24 Desember 2021.

sumber: tribunnews.com

Related Posts

Next Post

Salam Radio

Translate

Jadwal Sholat

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist