SEMMI Jatim: SEJARAH SINGKAT SEMMI

by admin
3 views

[SEJARAH SINGKAT SEMMI]

Arudji Kartawinata merupakan tokoh nasional dan pemrakarsa dari organisasi kemahasiswaan kaum Syarikat Islam yang dikenal sebagai Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) pada Majelis Tahkim PSII ke – XXIX atau bertepatan pada tahun 1956 di Bandung.

Arudji Kartawinata mengusulkan perlunya dibentuk organisai sayap Syarikat Islam dikalangan mahasiswa untuk menghimpun pergerakan intelektual mahasiswa.

Dengan didukung penuh oleh keseluruhan peserta Majelis Tahkim untuk membentuk organisasi front bagi mahasiswa, maka Arudji berdiskusi bersama Muhajir kader Syarikat Islam asal Yogyakarta yang masih mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa untuk merumuskan organisasi front kemahasiswa tersebut.

BACA JUGA:   SEMMI Jawa Timur mengucapkan HARI KESATUAN NASIONAL (NUSANTARA) 2021

Maka nama SEMMI (Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia) diusulkan sebagai nama organisasi front kemahasiswaan, dengan landasan ideologi DIENUL ISLAM, landasan konstitusi adalah Kitabullah dan Sunah Rasulullah SAW, landasan pergerakan adalah Program Azas dan Program Tandhim, dengan landasan organisasi berupa AD/ART.

Maka pada tanggal 2 april 1956 SEMMI didirikan secara resmi sebagai organisasi sayap Syarikat Islam di Jakarta oleh Arudji Kartawinata yang terpilih sebagai Presiden Lajnah Tanfidziyah (LT) PSII, dan juga saat itu Arudji menjabat sebagai ketua DPRS RI.

BACA JUGA:   SEMMI Cabang Sleman: 26 Desember 2021, DISKUSI PUBLIK KOMISARIAT BUYA HAMKA BIDANG KEMAHASISWAAN DAN KEPEMUDAAN

sumber: instagram.com/semmijatim

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini