Dorong Jadi Pengusaha, JK Cerita Nabi Muhammad Lebih Lama Jadi Pedagang Daripada Rasul

by admin
4 views

(IslamToday ID) – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dan menjadi pembicara dalam acara Halaqah Satu Abad NU yang digelar di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

Dalam paparannya, JK mengatakan Nabi Muhammad SAW lebih lama menjalani hidup sebagai pedagang daripada menjadi utusan Allah atau Rasulullah.

Menurut JK, Nabi Muhammad berprofesi sebagai pedagang sejak usia 13 tahun bersama pamannya Abu Thalib. Kemudian terus berlanjut setelah menikah dengan Siti Khadijah pada usia 25 tahun.

“Jadi selama 27 tahun beliau dagang, menjadi rasul umur 40 sampai 63, jadi hanya 23 tahun. Jadi Muhammad Rasulullah itu lebih lama jadi pedagang daripada (sebagai) Rasulullah,” kata JK seperti dikutip dalam video di Bravos Radio, Selasa (7/12/2021).

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Rabu, 15 Desember 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

Menurutnya, jalan hidup Nabi Muhammad tersebut diikuti oleh organisasi masyarakat (ormas) Islam besar di Indonesia.

Cikal bakal pendirian Nahdlatul Ulama (NU) misalnya, kata JK, tidak lepas dari Nahdlatut Tujjar (organisasi pedagang) yang didirikan pada 1918. Partai Syarikat Islam (PSI) juga didirikan oleh pengusaha yang tergabung dalam Sarikat Dagang Islam (SDI).

Muhammadiyah, kata JK, juga didirikan oleh pengusaha. JK mengatakan Kiai Ahmad Dahlan merupakan pengusaha batik.

“Saya ingatkan kembali NU didirikan oleh para pengusaha, para pedagang, Nahdlatut Tujjar yang mendirikan NU itu. Sama dengan Syarikat Islam didirikan dari Syarikat Dagang Islam. Sama Rasulullah 27 tahun jadi pedagang,” ungkap JK.

BACA JUGA:   TKNM, Ikhtiar Tjokroaminoto Menjaga Kemuliaan Islam

“NU harus dapat mengubah suatu keadaan, jangan kalau zikir luar biasa. Zikir kalau sudah habib-habib luar biasa, tapi kalau-kalau bicara katakanlah UMKM itu sepi. Jadi bagaimana PKB mendorong itu, atau NU mendorong itu bicara soal UMKM,” tambahnya.

JK kembali mengingatkan bahwa ekonomi Indonesia yang besar ini telah dikuasai oleh masyarakat Tionghoa. Ia pun mendorong agar orang Islam semakin banyak yang menjadi pengusaha dan maju. [wip]

sumber: islamtoday.id

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini