Polri Dapat Kepercayaan Publik Tinggi, PB SEMMI Apresiasi Kapolri Listyo

by admin
0 views

Jakarta, Inisiatifnews.co. – Formatur Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Hengky Primana, menyampaikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Sigit Sigit Prabowo.

Terhitung dari bulan Januari 2021 sejak Jenderal Polisi Listyo Sigit memimpin institusi Polri tampak beberapa transformasi di tubuh Polri yang membuat perlahan lembaga penegak hukum tersebut mulai mendapat kepercayaan oleh masyarakat.

“Ini terlihat dari beberapa ketegasan Kapolri dalam penegakan hukum, baik kepada masyarakat maupun kepada oknum anggota polri yang melanggar etik,” kata Hengky Primana kepada wartawan, Senin (6/12).

Kemudian, ia menilai bahwa kepemimpinan yang tegas dan terukur adalah modal kuat Polri menuju institusi penegak hukum yang ideal.

“Tentunya di sini keberadaan Polri dapat benar-benar menjadi pengayom bagi masyarakat, stigma yang dulunya marak muncul seperti ‘percuma lapor polisi‘ saya kira tidak perlu lagi ada di kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit,” tandasnya.

Kemudian, Hengky juga mengomentari hasil survei dari salah satu lembaga survei Indikator Politik Indonesia, survei tersebut menunjukkan angka kepercayaan publik meningkat paling tinggi pada tahun 2021 kepada korps Bhayangkara.

BACA JUGA:   Pendaftaran sekolah kader jilid 1 Semmi cabang Aceh Timur telah dibuka

“Tentunya pencapaian ini tidak terlepas dari ketegasan Jenderal Listyo Sigit dengan spirit presisinya. Penegakkan hukum yang transparan dan mengedepankan prinsip dialogis menjadi yang paling dapat dilihat dari kepemimpinan beliau,” ucapnya.

Terakhir, PB SEMMI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi takut lapor Polisi, karena sejatinya lembaga ini dibentuk sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Utamanya masyarakat bawah yang sangat perlu perlindungan. Institusi Polri sudah banyak mengalami perubahan. Kami sebagai mahasiswa berharap prestasi ini dapat dipertahankan oleh Kapolri dan jajaran,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menyampaikan, kepercayaan publik terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengalami peningkatan menjadi 80,2%. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 8 tahun terakhir.
Survei digelar pada periode 2-6 November 2021 melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun dengan rincian sampel basis 1.220 orang dan over sample 800 responden. Metode survei menggunakan metode simple random sampling.

Ukuran sampel basis memiliki toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei dirilis pada 5 Desember 2021.

BACA JUGA:   Sekolah pengkaderan SEMMI Cab. Aceh Timur jilid 1 Waktu pendaftaran : 30 Desember 2021 - 20 Januari 2022

Dalam survei tersebut, grafik survei kepercayaan masyarakat terhadap Polri cenderung fluktuatif sejak 2014-2021. Berikut data grafik lengkapnya:

2014 sebesar 57,6%
2015 sebesar 68,6%
2016 sebesar 73,2%
2017 sebesar 76,5%
2018 sebesar 79,8%
2019 sebesar 80%
2020 sebesar 72%
2021 sebesar 80,2%

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berhasil membuat citra baik institusi Polri di mata publik. Selain itu, sejumlah gebrakan kerja yang dicanangkan Sigit selama menjabat sebagai Kapolri sejak Januari lalu turut andil dalam membangun kepercayaan publik.

“Jadi Kapolri Sigit berhasil menaikkan trust publik terhadap polisi. Saya kira kita punya penjelasan kualitatif ya, tapi kami mencatat beberapa gebrakan Kapolri baru termasuk mengakomodasi 57 atau 58 pegawai KPK yang tidak lulus TWK,” sebutnya.

sumber: inisiatifnews.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini