Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam Rekomendasikan AM Sangadji Jadi Pahlawan Nasional

by admin
6 views

Liputan6.com, Jakarta – Syarikat Islam atau Sarekat Islam menggelar Kongres Nasional ke-41 pada 3-6 Desember 2021 di Surakarta, Jawa Tengah. Kongres ini merupakan forum tertinggi dalam organisasi tersebut. Kongres Syarikat Islam 2021 mengangkat tema Penguatan Dakwah Ekonomi Menghadapi Era Masyarakat 5.0“ dan juga mengangkat tagline: ”Kembali ke Laweyan”.

Kedua narasi ini merupakan upaya mengukuhkan sikap kaum Syarikat Islam untuk kembali ke azimuth-nya ke semangat pendirian Sarekat Dagang Islam 116 tahun yang lalu oleh para saudagar batik yang dipimpin oleh KH Samanhudi.

BACA JUGA:   Syarikat Islam Wanadadi Banjarnegara: Alhamdulillah, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksin dosis 2 luar biasa

“Gerakan yang dibangun Sarekat Dagang Islam yang kemudian berkembang menjadi Syarikat Islam (Sarekat Islam) berhasil membangun semangat jiwa dagang dan meningkatkan kesejahteraan kaum pribumi,” kata Sekretaris Pelaksana, Yudhi Irsyadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Sejak 2016 lalu melalui Kongres Nasional ke-40, Syarikat Islam dengan Ketua Umum Hamdan Zoelva telah mengukuhkan diri berkhikmat dalam dakwah ekonomi, sebuah ijtihad membawa kemajuan ekonomi bagi seluruh ummat Islam di Indonesia.

BACA JUGA:   10 Des 2021 SI Kembali ke Laweyan, Ganjar Pranowo Pidato di Kongres SI 41

“Kongres Nasional ke-41 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dilaksanakan secara hybrid meeting package (luring dan daring). Adapun Pelaksana Kongres dilaksanakan Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam dengan membentuk kepanitiaan tingkat nasional dan daerah Jawa Tengah,” jelas dia.

Sedangkan kepesertaan Kongres Nasional diikuti unsur Dewan Pimpinan Pusat, seluruh utusan Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Cabang dari seluruh Indonesia, dan Organisasi Serumpun Syarikat Islam.

sumber: liputan6.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini