Kongres ke 41 Syarikat Islam Dibuka Menag Yaqut, Begini Pesan Pembukaannya

by admin
8 views

HALLOJAKARTA – MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka Majelis Tahkim Kongres ke 41 Syarikat Islam di Hotel Novotel, Solo, Jumat (3/12) malam.

Sebelum membuka Kongres ke 41 Syarikat Islam yang ditandai dengan pemukulan gong, Menag Yaqut menyampaikan sambutan pembukaan sekaligus salam dari Presiden Joko Widodo.

Menag Yaqut menilai Kongres ke 41 Syarikat Islam sangat tepat sebagai momentum untuk meneguhkan langkah pengabdian Syarikat Islam yang lebih luas dan tajam.

“Kita semua meyakini bahwa Syarikat Islam akan terus istikomah menjalankan visi dakwah terutama dakwah ekonomi, dengan cita-cita kebangsaan dan keumatan dalam satu tarikan nafas,” kata Menag Yaqut.

Menag Yaqut berharap Majelis Tahkim Kongres ke 41 Syarikat Islam bisa menghasilkan spirit yang lebih kuat demi jalannya roda organisasi.

Menag Yaqut sedang memberikan sambutan dalam pembukaan Kongres ke 41 Syarikat Islam. (Tangkap layar YouTube Salam Radio Channel)

Selanjutnya Menag Yaqut menyampaikan bahwa perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan dengan penuh dinamika politik, ekonomi, budaya dan tentu saja agama.

BACA JUGA:   Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam Rekomendasikan AM Sangadji Jadi Pahlawan Nasional

“Bangsa Indonesia lahir dari keragaman bahasa, budaya, hingga agama. Maka akan sangat wajar, jika dinamika pemikiran, keberagaman, sangat jelas memberi warna kebangsaan Indonesia,” tegas Menag Yaqut.

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia dikaruniai kekayaan dan keberagaman alam yang sangat indah.

Menag Yaqut mengatakan Syarikat Islam merupakan bagian dari dinamika gagasan dalam mengembangkan prinsip-prinsip dasar bernegara yang menempatkan persamaan lebih utama daripada perbedaan.

Syarikat Islam disebut Menag Yaqut telah mengambil peran yang sangat luas dalam perjuangan dan pembangunan kemerdekaan.

“Bukan hanya melahirkan tokoh-tokoh penting yang berperan dalam kemerdekaan. Syarikat Islam juga banyak menelurkan ide dan gagasan kebangsaan yang sangat strategis bagi penguatan tata kehidupan bangsa Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA:   Ganjar Pranowo Harap Syarikat Islam Bisa Bangkitkan Ekonomi

Hal itu menurut Menag Yaqut tercermin dalam Trilogi Syarikat Islam, yaitu sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu dan sepandai-pandai siyasah.

“Melalui Kementerian Agama, Pemerintah akan mengajak seluruh ormas Islam untuk terus bahu membahu, menjalankan visi dakwah yang rahmatan Lil ‘alamin,” tegas Menag Yaqut.

Menag Yaqut menyebut apa yang disampaikannya sebagai pidato atas perintah Presiden, sehingga pasti akan dilaksanakannya.

Di akhir sambutannya, Menag Yaqut mengungkapkan bahwa Ibu yang melahirkannya juga berasal dari Laweyan, Solo.

“Jadi antara saya dan Syarikat Islam, lahir dari rahim yang sama, Laweyan, Solo,” kata Menag Yaqut.

Didampingi Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Ketua Lajnah Tanfidziyah Hamdan Zoelva dan Ketua Dewan Pusat Syarikat Islam Ahmad Fahrial, Menag Yaqut mengucap basmalah dilanjutkan memukul gong sebagai tanda dimulainya kongres.***

sumber: jakarta.hallo.id

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini