Di Kongres Nasional Syarikat Islam, Ma’ruf Minta Umat Hadapi Era Masyarakat 5.0

by admin
3 views
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam secara daring dari kediaman resmi Wapres. Dalam sambutannya, Ma’ruf menyinggung perkembangan teknologi yang cepat saat ini dipicu dengan munculnya konsep Masyarakat 5.0 atau Smart Society yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara manusia, alam, dan teknologi.
Menurutnya, perkembangan teknologi diharapkan memberikan manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, ia meminta masyarakat, khususnya umat Islam, untuk dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi menghadapi perubahan tersebut.
“Teknologi selalu berevolusi dengan cepat yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan. Umat Islam harus siap dan adaptif menghadapi tantangan [perubahan] ini. Kita harus memiliki cita-cita tinggi agar kita tidak terombang-ambing dalam arus perubahan, bahkan dapat menjadi pemimpin dalam perubahan,” kata Ma’ruf dalam sambutannya, Jumat (03/12)
Dalam acara yang mengangkat tema ‘Penguatan Dakwah Ekonomi Menghadapi Era Masyarakat 5.0’ tersebut, Ma’ruf menjelaskan perkembangan teknologi ini turut memberikan manfaat dalam pembangunan ekonomi sejak revolusi industri yang terjadi pada abad ke-18 hingga saat ini telah memasuki era Masyarakat 5.0.
“Saat ini sedang terjadi perubahan yang luar biasa dalam pembangunan ekonomi, salah satunya dipicu oleh perkembangan teknologi. Dari waktu ke waktu, pemanfaatan teknologi makin besar dalam kegiatan ekonomi,” ungkapnya.

Di Kongres Nasional Syarikat Islam, Ma'ruf Minta Umat Hadapi Era Masyarakat 5.0 (1)

searchPerbesar
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan pada Pembukaan Itjima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia Tahun 2021. Foto: Dok. KIP
Di sisi lain, Ma’ruf menyoroti kurangnya minat umat Islam dalam sektor perdagangan. Menurutnya, jika umat Islam mengembangkan sektor perdagangan, ekonomi umat dapat mampu digerakkan.
“Saya berharap spirit dagang umat Islam kembali bangkit dan menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi umat. Ini sejalan dengan visi jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045 karena umat Islam adalah bagian terbesar dari bangsa ini,” ujarnya.
Mengakhiri sambutannya, Ma’ruf berharap melalui acara ini dapat dirumuskan rekomendasi dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.
“Saya juga berharap Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam dapat menghasilkan rekomendasi terbaik yang dapat menjadi tawaran solusi bagi kemaslahatan umat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.
Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum PP Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam.

sumber: kumparan.com

BACA JUGA:   SI Kab Bogor: selamat terpilihnya kembali Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.,MH Presiden LT SI masa jihad 2021-2026

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini