Kongres ke 41 Syarikat Islam, Kembali ke Laweyan

by admin
53 views

HALLOJAKARTA – Kongres ke 41 Syarikat Islam akan diadakan di Hotel Novotel, Solo, Jawa Tengah, 3-5 Desember 2021.

Kongres ke 41 Syarikat Islam mengangkat tema “Menghadapi Masyarakat Era 5.0” dengan tagline “Kembali ke Laweyan“.

Hal itu bisa terlihat dari twibbon Kongres ke 41 Syarikat Islam yang antara lain diunggah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015, Hamdan Zoelva, melalui akun instagramnya @hamdanzoel.

Kongres ke 41 Syarikat Islam memiliki sejarah tersendiri. Karena itu dalam unggahan pada akun instagramnya, Hamdan Zoelva menjelaskan penggunaan istilah kongres.

“Kongres Nasional ke-1 Syarikat Islam dilaksanakan di Bandung pada bulan Juni 1916. Kongres tersebut dinamakan NATICO 1st. Saat itulah pertama sekali bangsa Indonesia mengenal kata “nasional” sebagai identitas kebangsaannya. Bahkan ketika itu menjadi sebuah bangsa baru sebuah tekad dan cita-cita. Sebelumnya hanya dinamakan Kongres Syarikat Islam tanpa “nasional”. Kini Syarikat Islam masih menggunakan istilah Kongres Nasional itu, selain Majelis Tahkim sebagai nama musyawarah tertinggi tingkat nasional 5 tahunan.”

Pada laman resmi Syarikat Islam dijelaskan bahwa, sejak Kongres ke-40 di Bandung terpilih Hamdan Zoelva terpilih sebagai Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah (LT) Syarikat Islam. Melalui keputusan tertinggi organisasi tersebut, Syarikat Islam kembali khittahnya sebagai gerakan dakwah ekonomi.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* *JEJAK TJOKRO* Selasa, 28 Desember 2021 Pukul 20.00 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

Tagline “Kembali ke Laweyan” pada Kongres ke 41 di Solo, seakan Syarikat Islam hendak mengingatkan bangsa Indonesia akan sejarahnya sendiri. Laweyan, sekarang merupakan salah satu kecamatan di Solo, yang dulu merupakan tempat tinggal para pengusaha batik Solo. Mereka ikut mendirikan Syarikat Dagang Islam (SDI), sebagai cikal bakal SI, pada 16 Oktober 1905 di bawah pimpinan Haji Samanhudi.

BACA JUGA:   MTs Syarikat Islam Parakansalak: "Selamat Hari Ibu, dan terima kasih atas semua pengorbanan yang engkau lakukan untuk kami, anak-anakmu."

Meski Hotel Novotel, sebagai tempat penyelenggaraan kongres, belum masuk wilayah Kecamatan Laweyan, melainkan Kecamatan Banjarsari, tapi hanya beberapa ratus meter saja jaraknya dengan wilayah Kecamatan Laweyan.

Tampaknya, melalui Kongres ke 41 Syarikat Islam, hendak membangun kembali sejarah masa lalu dan kiprah masa depannya. Sejalan dengan tema “Menghadapi Masyarakat Era 5.0”.***

sumber: jakarta.hallo.id

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini