Pahlawan Nasional Tirto Adhi Soerjo Jadi Nama Jalan di Kota Bogor

by admin
6 views

Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal menjadikan nama Pahlawan Nasional sekaligus tokoh pers Raden Mas (RM) Tirto Adhi Soerjo sebagai nama jalan di Kota Bogor.
Rencananya, penamaan jalan dengan nama RM Tirto Adhi Soerja dijadikan pengganti nama Jalan Kesehatan yang berada di Kelurahan Tanahsareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

“Yang ingin saya sampaikan adalah beliau (RM Tirto Adhi Soerjo) dikebumikan di Kebon Pedes, nama beliau insya Allah besok akan diresmikan sebagai nama jalan di pusat Kota Bogor,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat menghadiri bedah profil RM Tirto Adhi Soerjo di Bogor Creatif Center Kota Bogor, Selasa (9/11/2021).

Bima menyebut, saat ini banyak pahlawan dan tokoh nasional yang kiprahnya sangat berpengaruh dan menginspirasi, tetapi tidak banyak dikenal secara kekinian oleh kaum muda. RM Tirto sendiri merupakan seorang tokoh pers sekaligus pendiri surat kabar berbahasa melayu pertama di Indonesia.

“Sosok itu salah satunya adalah, Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Surat kabar pertama berbahasa melayu beliau dirikan, beliau juga dirikan Syarikat Islam, beliau jurnalis tapi juga kemudian menjadi organisator dan aktivis,” kata Bima.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Rabu, 10 November 2021 Pukul 20.00 - 21.00 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

“Saking fenomenalnya, kiprahnya kemudian menginspirasi Pramoedya Ananta Toer untuk “menghidupkan” sosok beliau dalam sosok minke dalam buku Bumi Manusia,” imbuhnya.

Bima berharap, penamaan jalan dengan nama RM Tirto Adhi Soerjo selalu menjadi inspirasi bagi jurnalis untuk tetap kritis.

“mudah-mudahan bisa terus menginspirasi teman-teman jurnalis saat ini. Terus menjadi guidens bagaimana berjuang secara kritis apapun resikonya,” imbuhnya.

“Kenapa penting untuk dibumikan dipopulerkan secara kekinian. Karena hari ini kita melihat teman-teman jurnalis itu begitu, tetap kritis tapi tidak mudah. Tetap kritis dengan penguasa, resikonya tidak mudah, yang tidak mudah adalah tetap kukuh tanpa iming-iming materialisme itu tidak mudah,” imbuhnya.

Guru Besar Ilmu Sejarah di Departemen Sejarah dan Fiologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Prof. Dr Nina Herlina mengatakan, RM Tirto Adhi Soerjo ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 2006. Pendiri surat kabar Medan Priaji Bandung ini juga disebut sosok fenomenal yang pertama mengganti istilah pribumi menjadi anak Hindia dalam setiap kata dan tulisannya. Istilah ini menjadi bentuk upaya mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Kamis, 21 Oktober 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

“Karena itu kan Tirto jadi orang yang pertama yang mengangkat istilah anak Hindia menggantikan istilah pribumi dan itu jelas-jelas mengangkat harga diri martabat bangsa ini. Selain itu jangan lupa bahwa Tirto itu, meskipun mulainya dari Bandung, membuat Medan Priaji itu, tetapi itu harus dilihat bahwa gagasannya untuk membuat pers yang bersifat nasional, penuh dengan perjuangan, itu dilaksanakan juga ketika Tirto di Bogor,” kata Prof Nina usai menjadi narasumber bedah profil RM Tirto Adhi Soerjo di Bogor.

Pria kelahiran Blora 1880 ini juga disebut sebagai tokoh kebangkitan nasional yang menginspirasi Budi Oetomo hingga Pramoedya Ananta Toer. RM Tirto Adhi juga disebut sebagai leluhurnya politik di Indonesia dimana semua gagasan dan ide hebatnya dilakukan ketika ia tinggal di Bogor.

“Dengan dijadikannya nama RM Tirto Adhi Soerjo menjadi nama jalan, tentu saja ada manfaatnya, pertama untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda bagaimana berbakti kepada bangsa dan negara tanpa pamrih. Kedua untuk memberikan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjasa di Kota Bogor,” imbuhnya.

(mud/mud)

sumber: news.detik.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini