Mengenal Tujuan Sarekat Islam, Lengkap beserta Sejarahnya

by admin
3 views

Merdeka.com – Sarekat Islam merupakan salah satu organisasi yang memiliki peran penting dalam perkembangan organisasi nasional di Indonesia. Sarekat Islam menjadi organisasi yang paling awal berdiri di Indonesia. Tujuan Sarekat Islam lahir berkat keinginan masyarakat Indonesia untuk memajukan perekonomian.

Seiring berkembangnya Sarekat Islam, tujuan organisasi ini juga semakin meluas. Dengan adanya Sarekat Islam, orang pribumi dan Islam mendapatkan haknya. Selain itu, masyarakat juga mampu memperjuangkan diri untuk lepas dari penjajahan.

Di samping itu, organisasi Sarekat Islam juga menandai kebangkitan nasionalisme di Indonesia pada abad ke-20. Lahirnya Sarekat Islam memiliki peranan penting dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat pribumi.

Lantas, apa sebenarnya tujuan Sarekat Islam dan latar belakangnya? Simak ulasannya yang dirangkum dari Liputan6.com:

Berdirinya Sarekat Islam

Lahirnya Sarekat Islam didahului dengan berdirinya Sarekat Dagang Islam (SDI). Organisasi ini awalnya merupakan perkumpulan para pedagang Islam. Organisasi yang didirikan oleh H Samanhudi ini lahir pada 1905.

Sarekat Dagang Islam adalah organisasi ekonomi yang berdasarkan pada kepercayaan kepada Tuhan Islam dan perekonomian sebagai dasar penggeraknya. Adapun tujuan Sarekat Dagang Islam yang paling utama adalah menghimpun para pedagang pribumi Muslim agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tiongkok.

BACA JUGA:   Menag Ajak Syarikat Islam Jaga Kerukunan Umat dalam Bingkai NKRI

Pada saat itu, para pedagang keturunan Tiongkok mendominasi perdagangan dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya. Kebijakan tersebut sengaja diciptakan oleh pemerintah Hindia Belanda agar menimbulkan perubahan sosial.

Kemudian pada tahun 1912, H.O.S Tjokroaminoto mengubah nama organisasi Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Perubahan nama tersebut memiliki tujuan agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di indonesia.

Tujuan Sarekat Dagang Islam

Sebelum mengetahui dan memahami tujuan Sarekat Islam, penting untuk mengetahui tujuan organisasi pendahulunya, Sarekat Dagang Islam. Ada beberapa tujuan Sarekat Dagang Islam, di antaranya:

1. Tujuan Sarekat Dagang Islam adalah untuk menghadapi persaingan dagang dengan pedagang Tiongkok dan sikap superioritasnya.

BACA JUGA:   SI Banjarnegara berangkat ke surakarta menghadiri Kongres Nasional Syarikat Islam ke-41

2. Mengatasi tekanan dari bangsawan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia di Solo.

3. Sebagai bentuk perlawanan menghadapi semua penghinaan terhadap rakyat bumiputera.

4. Mempersatukan para pedagang batik.

5. Memajukan sekolah-sekolah Islam.

6. Mengutamakan sosial ekonomi.

Mgid

Tujuan Sarekat Islam

Salah satu tujuan Sarekat Islam yang paling utama ada pada bidang sosial-ekonomi. Adapun tujuan Sarekat Islam di bidang sosial-ekonomi, yaitu untuk memajukan perdagangan masyarakat pribumi. Sementara itu, di bidang agama bertujuan untuk mengembangkan ajaran Islam.

Menurut anggaran dasarnya, ada beberapa tujuan Sarekat Islam, di antaranya:

1. Tujuan Sarekat Islam adalah untuk memberikan pertolongan kepada para anggota yang mengalami kesulitan.

2. Memajukan kepentingan jasmani dan rohani bagi kaum bumi putra.

3. Memajukan kehidupan Islam.

4. Menggerakkan hati umat Islam agar bersatu dan saling tolong menolong.

5. Melakukan segala daya upaya untuk mengangkat derajat rakyat untuk kemakmuran tumpah darahnya.

[jen]

sumber: merdeka.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini