Home Pemuda Muslimin Indonesia Ketua Pemuda Muslim Aceh : Papua patut dijadikan percontohan keberagaman

Ketua Pemuda Muslim Aceh : Papua patut dijadikan percontohan keberagaman

by admin
5 views

GPIIMIMIKA.com, Timika – Daerah Papua ini terkadang masih ada sebagian orang yang menganggap sebagai wilayah yang rawan dalam hal gangguan Situasi Kamtibmas (Sitkamtibmas) maupun Daerah yang tertinggal dari Wilayah lain. Ternyata pemahaman itu jauh berbeda dengan apa yang dilihat dan dirasakan secara langsung.

Seperti halnya yang dirasakan oleh Yulizar Kasma selaku Ketua Pemuda Muslim Indonesia Wilayah Aceh.

Yulizar mengutarakan pandangannya kepada media ini pasca menginjakkan kaki di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

“Ternyata bayangan saya kesini sangat berbeda jauh dengan kenyataan di lapangan. Apa yang digambarkan orang-orang di luar sana jelas sangat berbeda,” kata Yulizar di Timika pada Senin, (13/9).

Hal ini disimpulkan setelah dirinya hadir secara langsung untuk pertama kalinya di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kota Timika, Kabupaten Mimika dalam kegiatan mengedukasi masyarakat terkait pandemi COVID-19.

BACA JUGA:   26 September 2021: Pelantikan Virtual PW PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA Sulawesi Tengah

“Saya sebagai warga Aceh melihat harmoni kehidupan, baik dari sisi Agama, Suku, Ras dan lain-lain di papua ini sangat baik. Papua patut dijadikan percontohan keberagaman,” kata Yulizar yang juga sebagai program officer Covid-19 Yayasan Harapan Gapai Papua bentukan Unicef.

IMG 20210914 132740

Ketua Pemuda Muslim Aceh, Yulizar Kasma.

Calon Doktor di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Universitas Sumatera Utara itu menambahkan, dalam lawatannya sebagai Ketua Pemuda Muslim Provinsi Aceh, dirinya telah bertemu dengan Pimpinan Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Provinsi Papua guna menyamakan persepsi untuk berkolaborasi.

“Kita pemuda muslim aceh dan pemuda muslim papua sudah bertemu dan sepakat berkolaborasi untuk ikut membangun dua wilayah ini yakni Papua dan Aceh,” ujarnya.

BACA JUGA:   Terkait Vaksinasi Siswa, PW Pemuda Muslim Dukung Upaya Disdik Aceh

Menurutnya, Aceh dan Papua memiliki kesamaan dalam berbagai hal termasuk dengan sejarah panjangnya.

“Kita menyamakan persepsi untuk saling mengisi. Karena ada permasalahan yang sama kita lalui, sejarah menunjukkan itu. Kisah-kisah antara Papua dan Aceh memiliki kesamaan yang turun temurun,” terangnya.

Setelah melawat dan diundang di berbagai kegiatan, Ia mulai menaruh dan menempatkan Papua sebagai kampung halaman kedua setelah daerah kelahirannya.

“Setelah kami jumpai para tokoh-tokoh di Papua baik tokoh Islam, maupun tokoh Kristen. Maka, boleh dibilang ini kampung ke-dua setelah Aceh. Hal ini karena kami anak-anak Aceh diterima dengan baik di Papua,” beber Kasma.

Dirinya berharap agar apa yang tengah diperjuangkan Masyarakat Papua seperti perbaikan Otsus maupun pengusulan terhadap pemekaran sejumlah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik dan memuaskan.

sumber: gpiimimika.com

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini