by

MENGENANG H. ARIFIN DAENG MATORANG (TOKOH SYARIKAT ISLAM KABUPATEN BANGGAI – SULAWESI TENGAH)

Print Friendly, PDF & Email

MENGENANG H. ARIFIN DAENG MATORANG
(TOKOH SYARIKAT ISLAM KABUPATEN BANGGAI – SULAWESI TENGAH)
Pada hari Sabtu, tanggal, 14 Agustus 2021, saya mendapat kabar meninggalnya H. Arifin Daeng Matorang (seorang Tokoh Syarikat Islam Kabupaten Banggai – Sulawesi Tengah).
Saya mengenal beliau sudah sejak lama ketika saya masih sekolah di SMP I Luwuk Banggai dan Sekolah Menengah Atas Luwuk Banggai, bersama dengan pamannya almarhum Atjo Daeng Matorang adalah tokoh Syarikat Islam yang pada tahun 1970an menjadi Pengurus dari Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.
Pada tahun 1973 ketika Fusi Partai Persatuan Pembangunan, bersama-sama dengan orang tua saya almarhum H. Ulyas Makarawo, mewakili Partai Muslimin Indonesia (Parmusi) mereka menjadi tiga serangkai dalam membangun Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banggai.
Dalam kiprahnya di bidang politik tersebut H. Arifin Daeng Matorang pernah menjadi Anggota DPRD Tingkat II Kabupaten Banggai dan Anggota DPRD Propinsi Tingkat I Sulawesi Tengah.
Melalui kepemimpinan beliau Syarikat Islam Kabupaten Banggai tetap eksis dimana melalui Yayasan Pendidikan Islam Tjokroaminot Banggai mengelola pendidikan dari tingkat taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah menengah pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Banggai.
Saya mengenal beliau lebih dekat, ketika saya menjadi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Syarikat Islam periode 2015 sampai sekarang. Pada Tahun 2017 ketika Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Syarikat Islam di Puncak Bogor beliau dengan pengurus Syarikat Islam Kabupaten Banggai hadir mengikuti acara tersebut, Pada saat itulah keinginan beliau untuk mengembangkan pendidikan dengan rencana untuk mendirikan Politeknik Syarikat Islam Cokroaminoto Banggai. Pada tahun 2018 Syarikat Islam menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Purwakarta beliau juga hadir dengan membawa siswa-siswanya untuk mengikuti jambore Pramuka Syarikat Islam Angkat Pandu (SIAP). Pada tahun 2019 Syarikat Islam menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Jakarta, beliau juga datang dengan beberapa pen gurus Syarikat Islam Kabupaten Banggai.
Komunikasi dengan beliau terus berlanjut berkaitan dengan Pendirian Politeknik Syarikat Islam Cokroaminoto Banggai. Guna menunjang persyaratan pendirian Politeknik tersebut, pada tanggal 22 April 2021, Yayasan Pendidikan Islam Cokromianoto Banggai bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta dan Akademi Komunikasi SAE Indonesia Jakarta. Terakhir komunikasi dengan beliau melalui telpon pada tanggal 22 Juni 2021 lalu, membicarakan mengenai perkembangan penyediaan jaminan uang dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tengah sebagai salah satu persyaratan yang harus dimasukkan ke sistem informasi layanan perizinan kelembagaan perguruan tinggi (silemkerma) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Namun sampai sampai akhir hayatnya proses di Bank Sulteng tersebut belum selesai. Semoga saja penerus beliau dapat merealisasikan apa yang dicita-citakannya.
Almarhum adalah orang yang baik dimana selalu teguh memegang prinsip untuk memperjuangkan kepentingan organisasi, masyarakat dan bangsa sampai akhir hayatnya. Semoga Allah Subhanawataalla menempatkan beliau didalam surga. Amien.
(Moh. Taufik Makarao).
sumber: facebook.com/mohammadtaufik.makarao.35
BACA JUGA:   Pengurus Pimpinan Cabang SYARIKAT ISLAM Kabupaten Bogor Dalam acara Rapat rencana Program Kerja Tahun 2021

News Feed