PW Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) Kepri Angkat Suara Terkait Dugaan Korupsi DJPL dan DKTM di Pemkab Bintan

by admin
2 views

CNBEKEPRI.COM – Berdasarkan Temuan Hasil Laporan Internal Badan Pemeriksaan Keuangan BPK Kepulauan Riau ,pada tahun 2016 tercatat beberapa temuan yang harus dipertanggungjawabkan oleh pemerintah kabupaten Pemkab Bintan terkait Dana Jaminan Pengelolaan Lingkungan DJPL dan Dana Kepedulian Terhadap Masyarakat DKTM masa jabatan.

“Dugaan adanya Tindak Pidana Korupsi Tipikor pada tahun 2014-2017 sudah pernah dilaporkan oleh kelompok masyarakat ke Mabes Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga terkait, namun sampai sekarang belum ada titik terang”, ungkap Ketua PW Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) Kepri, Sabtu (14/08/2021)

Sofian menduga adanya dugaan Tipikor miliyaran rupiah 2008-2014 dari Angaran galian bauksit sebesar Rp 205.050.000.000 (Duaratus lima milyar lima puluh juta rupiah) dalam mengelolaan Tambang atau galian Pasir dan Bauksin di kab. Bintan dengan adanya beberapa kelompok yang melakukan aksi di depan gedung KPK pada Maret 2021 yang menuntut kasus dugaan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang oleh Bupati Bintan masa itu segera diproses dan Ketua Umum Sofian juga mengkaji Laporan Internal BPK Kepri terkait anggaran DJPL dan DKTM belum disingkronkan dengan hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan RI.

BACA JUGA:   Coming soon sekolah kader jilid l SEMMI Cab. Aceh Timur

”Hasil Monitoring dana sisa yang tersimpan di bank Bestari Bintan sebesar Rp17.000.000.000,- dan bank PD kreditan Rakyat Bintan sebesar Rp20.000.000.000,- hasil evaluasi terdapat selisih yang belum dapat dipertanggungjawabankan sebesar Rp168.050.000.000,”Hasil data A1,Ujar Ketua Umum Sofian

Sambungnya, dampak sebab akibat di lapangan telah merugikan masyarakat oleh karena itu, Polda Kepri dan Kejaksaan Kepri serta pihak terkait untuk segera menuntaskan masalah dugaan penyelewengan dana dan penyalahgunaan kewenangan yang diduga dilakukan oleh mantan Bupati bintan, Ansar  Ahmad.

BACA JUGA:   SEMMI Pandeglang: Selamat Memperingati Hari Anti Korupsi Se-Dunia

”Dasarnya jelas, hasil audit BPK dan faktanya lingkungan di bintan banyak yang rusak. Kemana uang di gunakan?, Jangan sampai uang itu dipakai untuk kepentingan politik Ansar Ahmad”, tegas Sofian

Dalam hal ini PW Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) Kepri RI bersama Aktifis anti korupsi di Kepri akan terus mengawal Kasus adanya dugaan Tipikor di Kepri, melakukan kajian dan mengumpulkan fakta-fakta terbaru dari tindakan memperkaya diri sendiri serta bisa merugikan Negara (Koruptor), imbuhnya. (*)

sumber: cnbkepri.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini