MUSCAB SEPMI BANJARNEGARA, TRI MEI TERPILIH SEBAGAI KETUA

by admin
4 views

SoluSI.info – Banjarnegara- Serikat Pelajar Muslimin Indonesia (SEPMI) Cabang Kabupaten Banjarnegara hari Kamis, 17 Juni  melakukan Musyawarah Cabang (Muscab). Muscab tersebut di inisiasi oleh YPI Cokroaminoto untuk kembali menyegarkan organisasi otonom untuk pelajar dari Syarikat Islam yang sudah berdiri sejak tahun 1963.
Walaupun berjalan atas inisiasi YPI Cokroaminoto yang juga merupakan salah satu organisasi otonom milik Syarikat Islam, nantinya SEPMI Cabang Kabupaten Banjarnegara tidak serta merta secara lembaga di bawah YPI Cokroaminoto. Namun sama-sama sejajar sebagai organisasi otonom.

Muscab tersebut setidaknya dihadiri oleh perwakilan siswa dan pembina dari 14 sekolah Cokroaminoto baik sekolah tingkat menengah pertama maupun tingkat menengah atas yang tersebar di Kabupaten Banjarnegara. Dari 14 sekolah tersebut, 8 adalah SMK/MA dan 6 sekolah merupakan MTs/SMP. Perwakilan siswa dan pembina tersebut akan menjadi pengurus untuk periode 2021-2023.
Dalam pembukaan muscab tersebut, turut hadir Ketua DPC Syarikat Islam Cabang Kabupaten Banjarnegara dan Ketua YPI Cokroaminoto Kabupaten Banjarnegara.

Solusi info, dalam kesempatannya menemui Bapak Musobihin, menanyakan agenda mengenai Muscab tersebut. Ketua DPC SI Kabupaten Banjarnegara tersebut mengatakan, bahwa salah satu peran adanya SEPMI adalah agar para pelajar mampu memberikan warna dalam masalah keagamaan. Terlebih adanya SEPMI juga dapat memberikan pendidikan tentang Islam yang utuh dan jauh dari pemikiran-pemikiran yang terbatas dan parsial. Selain itu adanya wadah latihan kepemimpinan seperi SEPMI juga mendekatkan pelajar untuk mengerti konteks sosial dan kebudayaan.

Dalam kesempatan lainnya, Solusi info juga menemui Ketua YPI Cokroaminoto, Bapak Subur. Menurut Subur, terdapat tiga pilar penting dalam membangun jatidiri pelajar. Tiga pilar tersebut adalah karakter atau disebut budi pekerti di kalangan SI, kemudian kompetensi, dan yang terakhir literasi. Ketiga pilar tersebut dapat cepat didapatkan dalam kegiatan ataupun wadah latihan kepemimpinan semacam SEPMI. Sehingga nantinya, ketika pelajar terjun pada masyarakat, bisa menjadi problem solver baik bagi dirinya maupun lingkungannya.

Muscab SEPMI Cabang Kabupaten Banjarnegara tahun 2021 dengan Anisa Putri sebagai pimpinan sidang, berhasil memilih secara demokratis  saudara Tri Mei Munafah sebagai Ketua SEPMI bersama anggota  pengurus SEPMI lainnya menjadi nahkoda untuk periode 2021-2023.

Kontributor : Muhammad Dian Pratama

sumber: solusi.info

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini