Home Berita Umum STANDARISASI GURU AL-QUR`AN METODE TILAWATI

STANDARISASI GURU AL-QUR`AN METODE TILAWATI

by admin
2 views

SoluSI.info – Dalam rangka menyiapkan guru yang unggul, pada Tanggal 12 dan 13 Juni 2021, Pimpinan Anak Cabang Pemuda Muslimin Indonesia Kecamatan Wanadadi mengadakan Diklat Standarisasi Guru Al-Qur`an Metode Tilawati. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Syarikat Islam Kecamatan Wanadadi yang berlokasi di Desa Kandangwangi Kecamatan Wanadadi, yang diikuti 32 Peserta Diklat, yang merupakan perwakilan guru dari masing-masing jenjang pendidikan, peserta dari tingkat MD, DA, MI dan MTs yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Cabang Banjarnegara.


Tujuan diadakannya Diklat ini antara lain, meningkatkan keimanan, menambah wawasan keilmuan, memberikan bekal bagi pendidik rasa memiliki terhadap almamaternya yaitu Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto dan juga Syarikat Islam tentunya. ”Setelah kegiatan Diklat ini, diharapkan peserta bisa menerapkan materi apa saja yang sudah mereka terima selama mengikuti kegiatan, intinya ini teorinya, prakteknya nanti ketika peserta diklat sudah mulai pembelajaran dengan peserta didik di masing-masing Lembaga Pendidikan”. Demikian harapan yang disampaikan Ludi Hartono, S.Pd, Guru MTs Cokroaminoto Wanadadi yang merupakan salah satu Koordinator Kegiatan.
Adapun materi yang disampaikan dalam Diklat tersebut adalah Lagu rost dan metodologi pengajaran jlid 1-5, gharaib musykilat jilid 6, pengenalan dan pengajaran tilawati PAUD, strategi pembelajaran metode tilawati, teknik munaqasyah, microteaching dan munaqasyah. Dan juga Peserta mendapat fasilitas buku panduan tilawati 1-6 , Diklat PAUD, Buku strategi mengajar dan teknik munaqasyah serta mendapatkan Sertifikat/syahadah.

BACA JUGA:   MULAI TERTARIK DENGAN ISLAM DAN BERJUANG MELALUI SARIKAT ISLAM | FERRY JULIANTONO | DICECAR

Kegiatan PAC Pemuda Muslimin Indonesia kali ini ada yang berbeda, yaitu dengan adanya program yang bekerjasama dengan YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur`an dalam proses belajar mengajar di Lembaga Pendidikan Cokroaminoto yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Cabang Banjarnegara. Dengan diadakannya kegiatan semacam ini, diharapkan peserta diklat mampu menerapkan metode tilawati sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar.” Demikian juga peserta yang mengikuti diklat dengan sendirinya mendaftar tanpa adanya seleksi. Tutur, Sigit Lumaksono, S.Pd.I, ketua PAC Pemuda Muslimin Indonesia Kecamatan Wanadadi yang juga merupakan ketua panitia kegiatan sekaligus peserta diklat.
Harapan ke depan kegiatan diklat dapat diikuti oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten Banjarnegara atau bahkan diseluruh Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran Tilawati sabagai wadah solusi untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran. Siapa tahu dengan adanya Diklat Metode Tilawati ini, mampu untuk mencetak Fasilitaror-Fasilitator handal, yang bermanfaat untuk kepentingan ummat.
“Dalam kesempatan itu YPI Cokroaminoto sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan yang dinahkodai oleh PAC Pemuda Muslimin Indonesia Kecamatan Wanadadi, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru cokroaminoto” Ujar salah satu perwakilan YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara dalam acara pembukaan. Tutug Ujianto, A.Md Kes, yang merupakan salah satu pengurus YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara.
Tujuan mulia dari adanya kegiatan Diklat, dimana yang mengikuti adalah guru-guru dibawah Naungan Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Cabang Banjarnegara, diharapkan metode tilawati yang didapat oleh peserta diklat, mampu diterima dan mudah dipahami oleh Peserta Didik di Lemabaga Pendidikan Cokroaminoto, untuk mingkatkan kualitas bacaan Al-Qur`an yang lebih baik. Semoga pada saatnya nanti generasi unggulpun akan lahir memimpin negeri kita tercinta ini.
Sementara itu, Ahmad Jamaludin, S.Sos.I yang merupakan salah satu Koordinator Kegiatan, menuturkan bahwa selama kegiatan peserta terlihat sangat antusias, mereka sangat antusias menyelesiakan setiap sesinya selama dua hari berturut-turut, permainan-permainan yang sifatnya mendidik dan melatih kemandirian mereka ikuti dengan ceria dan senang hati, dan penuh tanggungjawab.
Diklat ditutup tanggal 13 Juni 2021 Jam 15.00 WIB, dengan pengumuman Hasil Munaqosyah, dan setifikat Pelatihan yang diberikan satu minggu setelah kegiatan”. (LH/red.SoluSI)

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 14 September 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

sumber: solusi.info

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini