Kegagalan Menjaga Stabilitas Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Menambah Penderitaan Rakyat, PB SEMMI : Desak Presiden Copot Menteri ESDM Serta Dirut Pertamina

by admin
3 views

Kegagalan menjaga stabilitas harga bahan bakar minyak (BBM) sangat meerugikan dan menambah kesengsaraan rakyat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Silmi, di Jakarta, Jum’at (12/6).

“Melihat harga BBM yang tak kunjung turun, sedangkan harga minyak dunia sedang anjlok, maka dapat disimpulkan ketidakmampuan dan ketidakcakapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Direktur Utama Pertamina,oleh karena itu kami mendesak Presiden Jokowi untuk mencopot Menteri ESDM Serta Dirut Pertamina,” tegasnya.

Padahal, lanjut Silmi, dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi  dihampir semua negara yang mengakibatkan kondisi minyak bumi  turun drastis karena permintaan pasar yang sangat rendah. Nah, disaat inilah sudah seharusnya pemerintah pun ikut menurunkan harga BBM.

BACA JUGA:   SEMMI Jabar: Selamat Dan Sukses Dengan Terpilihnya Kakanda Hamdan Zoelva Sebagai Ketua Umum DPP LT/Syarikat Islam Masa Jihad 2021/2026

“Data Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) menyebut harga BBM seharusnya turun lantaran indikator formulasi penentuan harga BBM berupa harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Oils Price/ICP) dan nilai tukar rupiah terus menurun. Dalam kondisi seperti ini masyarakat sebagai pihak yang dirugikan dengan  estimasi kerugian akibat harga BBM yang tak kunjung turun mencapai Rp13,75 triliun,” jelasnya.

Kerugian itu, tambah Silmi, dihitung sejak harga minyak mentah dunia mengalami penurunan. Angka tersebut berdasarkan kelebihan bayar BBM yang dibebankam kepada masyarakat dalam kurun dua bulan terakhir April dan Mei.

BACA JUGA:   SEMMI Kota Tangerang: Selamat atas terpilihnya Bung Ari Sujatmiko sebagai Komisaris GMNI STISNU Nusantara Tangerang

“Pemerintah seharusnya menurunkan harga BBM sesuai formulasi harga menurut Keputusan Menteri ESDM No. 62 K/12/MEM/2020. Tentunya skema kelebihan bayar BBM yang terjadi didua bulan belakang sangat menambah kesulitan rakyat apalagi di tengah pandemi ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Silmi, PB SEMMI mendesak Presiden Jokowi untuk mencopot menteri ESDM dengan Dirut Pertamina yang dianggap tidak becus melaksanakan tugas dan kebijakanya.

“Bukannya memberi solusi untuk rakyat, namun menambah kesengsaraan hidup masyarakat,” tegasnya.

Ia mengatakan bahwa PB SEMMI akan terus hadir mengawal kebijakan kebijakan yang tidak berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat indonesia.

sumber: lensamahasiswa.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini