Home Pemuda Muslimin Indonesia HMI MPO hingga KAMMI: Palestina Vs Israel Bukan Semata Konflik Agama

HMI MPO hingga KAMMI: Palestina Vs Israel Bukan Semata Konflik Agama

by admin
1 views

Jakarta – Meski gencatan senjata konflik Israel versus Palestina sudah terjadi, agresi Israel masih belum sepenuhnya dijamin berhenti selamanya. Puluhan organisasi mahasiswa mendukung pemerintah RI untuk aktif membela Palestina. Konflik itu bukan semata-mata konflik agama.

Hal ini disampaikan Aksi Solidaritas Indonesia untuk Kemerdekaan Palestina (Aksi SoLid Palestina) yang dilakukan Konsolidasi Pelajar Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (Kolaborasi), terdiri atas puluhan organisasi mahasiswa. Mereka telah menggelar aksi demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/5/2021).

“Konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung selama puluhan tahun dan bahkan sampai hari ini bukanlah semata-mata konflik yang didasari atas kepentingan agama, melainkan juga ada konflik kepentingan ekonomi-politik kelas sosial disana atas sumber-sumber kapital antara kelas borjuis kapitalis Yahudi bersama sekutunya yang berwatak imperialis dengan kelas proletariat,” kata mereka dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom melalui salah satu unsurnya, PB HMI MPO.

Mereka memandang aksi-aksi Zionis Israel akan terus berlangsung sampai Palestina dikuasai sepenuhnya oleh Israel. Tanah Palestina terancam terus menyusut karena pencaplokan demi pencaplokan yang terus berlangsung, konflik yang terbaru dan berakhir dengan gencatan senjata belakangan juga dilatarbelakangi oleh konflik wilayah Sheikh Jarrah. Menurut mereka, ini semua adalah konflik kelas, penjajahan Israel yang didukung kapitalis Barat terhadap Palestina.

“Sehingga jelas bahwa ada agenda penjajahan atas bangsa Palestina dan Arab secara keseluruhan di balik gerakan Zionis Israel di tanah Palestina, dan kaum kapitalis Yahudi Israel, Amerika Serikat, Inggris dan sekutunya yang terus akan mendapatkan keuntungan di tengah penderitaan jutaan rakyat Palestina yang tidak kunjung berakhir,” kata mereka.

BACA JUGA:   Giat bersama PW Pemuda Muslimin Indonesia JABAR (Dauroh Da'wah Mubaligh & Mubalighoh Syarikat Islam)

Kolaborasi terdiri atas PB HMI MPO (Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi), PP KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), PPJPRMI, PP GP Al Washliyah, PB PII, PB Pemuda Muslimin Indonesia, PP Pemuda Dewan Dakwan, PP HIMMA PERSIS, PP SEMMI, PP GEMA MA, Pemuda PERSIS, DPP SEMMI, PP Pemuda Hidayatullah, PP Pemuda PUI, PP Himmah, PP IPA, PP Barisa Muda Al Ittihadiyah, PB Pemuda Al Irsyad, PP IPMA, PB SESMI, PP Angkatan Putri Al Washliyah, DPP HDMI, Gema Ummat Mandiri, PP KAPMI, PB HIMA PUI, PB HIJAR PUI, KOBAR, PB GPII, Musliman Peduli Negri, Pemuda Utara, PP Perisai, Brigade PII, Brigade GPII, Jasma Indonesia, PB Pemuda Muslimin Indonesia, PPMI, GPMI, dan Brigade Mushab Bin Umair.

BACA JUGA:   ANNISA BUTUDOKA: Mari kita Sukseskan PELANTIKAN & MUKERWIL PW Pemuda Muslimin Indonesia Sulawesi Tengah

Berikut ini pernyataan sikap Kolaborasi (Konsolidasi Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda Indonesia):

1. Mengutuk agresi militer Israel terhadap Palestina karena telah melanggar hukum Internasional dan mengakibatkan krisis kemanusiaan serta menimbulkan ratusan bahkan ribuan korban jiwa bagi rakyat Palestina.
2. Mendesak dunia Internasional melalui forum PBB untuk menyeret Benjamin Netanyahu ke Mahkamah Internasional atas semua kejahatan kemanusiaan dan pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina serta meninjau kembali keberadaan Israel sebagai sebuah Negara.
3. Mendesak PBB menjalankan tugas dan fungsinya yaitu mewujudkan perdamaian dan menghapus segala bentuk penjajahan di dunia.
4. Mendesak Negara-negara OKI untuk bersatu menyuarakan dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan memutus hubungan ekonomi-perdagangan dengan Israel dan sekutunya.
5. Mendesak Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo menginisiasi Negara-negara OKI membentuk pasukan perdamaian untuk Kemerdekaan Palestina.
6. Mendukung Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri berperan aktif untuk mewujudkan Kemerdekaan Palestina.
7. Menyerukan kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk bersatupadu mendukung Kemerdekaan Palestina dan tidak bermain-main terhadap isu Palestina.
8. Mendesak kepada Amerika Serikat dan sekutunya untuk mengakui Palestina sebagai Negara yang merdeka.

(dnu/aik)

sumber: news.detik.com

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini