by

Hamdan Zoelva Apresiasi Sikap Tegas Pemerintah Atas Krisis Israel-Palestina

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, MATACAKRAWALA.CO—Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva, apresiasi sikap tegas pemerintah Indonesia atas pengusiran warga Palestina dari Seikh Jarrah Yerussalem Timur dan penyerangan warga sipil di Jalur Gaza yang mengatakan bahwa sebagai tindakan yang tidak bisa dibiarkan.

Hal ini disampaikan oleh Hamdan Zoelva melalui akun twitter @hamdanzoel, Rabu (18/5) kemarin.

Dalam thread twitter tersebut, ia menuliskan jika sikap Indonesia tetap konsisten sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno, Soeharto, Habibie, Megawati dan SBY yang berpihak pada rakyat dan kemerdekaan Palestina.

Menurutnya, pemerintah Indonesia harus terus pro aktif dalam membantu dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina, terutama dalam suasana sekarang ini.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Vs Rusdiansyah Soal Moeldoko Gugat Menteri Hukum dan HAM | Tagar

Ketua Lajnah Tanfidziyah/Pimpinan Pusat Syarikat Islam ini berpendapat apa yang dilakukan oleh Israel atas tanah Palestina adalah bentuk penjajahan yang tidak sejalan dengan amanat Pembukaan UUD 1945.

Dia pun menilai bahwa Indonesia harus terus berjuang bagi kemerdekaan Palestina, karena penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Sebagai salah seorang negarawan, Hamdan Zoelva meminta agar apa pun perbedaan pandangan terhadap Israel, kita tidak bisa menutup mata atas kekejaman pemerintah dan tentara Israel mengusir warga Palestina dari rumah dan tanah airnya dan terbunuhnya anak-anak dan warga sipil dalam serangan Israel yang membabi buta.

BACA JUGA:   Demokrat Kubu AHY: Gugatan PTUN Moeldoko tak Berdasar Hukum

Selanjutnya, Hamdan pun menulis siapakah yang tidak menangis melihat anak-anak kecil yang meregang nyawa dan rumah warga palestina akibat korban kebrutalan Israel.

Terakhir, sebagai penutup thread, ia berharap Indonesia sebagai bangsa yang pernah menderita karena penjajahan, mari seluruh warga bangsa Indonesia terus membantu bagi kemerdekaan penuh bangsa palestina agar bisa hidup aman di tanah airnya sendiri dan membantu apa yang bisa dilakukan mengurangi penderitaan warga Palestina. (Dede)

sumber: cakrawala.co

News Feed