Hamdan Zoelva: Kalau Mau Kampanye Ideologi, HTI Jadi Partai Saja

by admin
3 views
JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva angkat bicara soal rencana pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Hamdan mengatakan, langkah pembubaran suatu organisasi masyarakat (ormas) dibenarkan oleh Undang-Undang (UU) tentang Ormas. Namun demikian kata Zoelva, ada tahapan yang harus dilalui sebelum bertindak.

“Langkah pembubaran itu konstitusional, tapi ada tahap. Tahapan itu yang harus dilalui dalam rangka pembinaan,” kata Zoelva di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2017).

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Sebut Putusan MK Hindari Ketidakpastian Hukum Ciptaker

Zoelva menuturkan, UU tentang Ormas telah mengatur bahwa tiap-tiap ormas harus punya satu tujuan bernegara. Tidak boleh ada niat atau kegiatan yang mengubah ideologi negara.

Terkait ideologi khilafah yang dianggap pemerintah bertentangan dengan Pancasila, Zoelfa mengatakan, HTI bisa memperjuangkan ideologi tersebut melalui saluran demokratis melalui DPR.

“Siapapun yang menyuarakan secara demokrasi, pandangan, bagaimana seharusnya kehidupan bernegara, ke mana negara menurut cita-cita mereka, itu boleh,” ucap Zoelfa.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 23 November 2021 Pukul 06.00 - 06.40 WIB *Salam Penyejuk Hati*

“Kalau memang HTI mau jadi parpol (partai politik) legal, silakan. Tapi sebagai organisasi dakwah, ya dakwah saja,” imbuh Zoelfa.

(maf)

sumber: nasional.sindonews.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini