by

PIDATO IDUL FITRI 1442 H, KETUA PEMUDA MUSLIM KABUPATEN CIANJUR

Print Friendly, PDF & Email

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
ALLOHU AKBAR!! ALLOHU AKBAR!! ALLOHU AKBAR!! LAA-ILAA-HAILLALLOH ALLOHU AKBAR ALLOHU AKBAR WALILAA HILHAMD.
Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Zat yang Maha Luhur dan Maha Maha Menggenggam Hati Manusia, Allah Subhanahu Wata’aalla.
Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat, para tabi’in dan seluruh kaum muslimin.
Sahabat Pemuda Muslimin dan Corp Muslimat yang Berbahagia,
Bulan Ramadhan yang telah kita lalui mengemban misi utama, mengembalikan jatidiri kemanusiaan kita yang kita raih melalui aktivitas puasa, qiyamul-lail dan ibadah-ibadah lainnya. Seluruh aktivitas ibadah tersebut kita sempurnakan dan diakhiri dengan melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah untuk menyucikan jiwa kita.
Zakat fitrah merupakan aktualisasi sikap ketaatan kepada Allah SWT dan kepedulian sosial dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu. Kewajiban menunaikan zakat fitrah dan amal-amal sosial lainnya merupakan bentuk kepedulian Islam untuk membangun keserasian sosial agar sesama manusia bisa saling berbagi, saling mengasihi, dan saling peduli untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Ibadah puasa dan zakat melatih diri kita agar menjadi lebih peka dan sensitif terhadap realitas sosial di sekitar kita. Ibadah zakat menjadi refleksi kemanusiaan untuk menghidupkan kembali api dan semangat fitrah dalam kesadaran kolektif kehidupan umat manusia. Dari sinilah diharapkan zakat mampu menemukan maknanya sebagai wujud pembebasan dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan. Pada posisi inilah ibadah puasa dengan tegas menanamkan sikap kepedulian sosial yang perlu kita amalkan terus menerus guna mengatasi ketimpangan sosial.
Sahabat Pemuda Muslimin dan Corp Muslimat yang Berbahagia,
Ibadah puasa menitipkan pesan yang luas, menyentuh seluruh elemen dan dimensi kehidupan manusia. Puasa mendidik para hamba Allah SWT menajamkan nilai-nilai keseimbangan antara kesenangan dan kepedulian, antara kerja dan ibadah, antara kesenangan lahir dan kesenangan batin, serta antara kepentingan individual dan kepentingan sosial. Puasa juga mendorong umat Islam untuk melakukan keseimbangan antara ilmu dan amal, antara rasa takut dan harapan, serta keseimbangan dalam menjalankan ajaran agama. Ini sejalan dengan tujuan akhir dari ibadah puasa, yakni membentuk manusia yang bertaqwa. Ketaqwaan merupakan wujud dari nilai-nilai keseimbangan antara kualitas hubungan vertikal kepada Allah SWT dan hubungan horizontal kepada manusia dan alam semesta.
Dengan berbekal spiritualitas Ramadlan yang baru saja kita lewati, mari kita jadikan hari raya Idul Fitri ini untuk menguatkan tekad saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar kasih sayang dengan saling mengunjungi dan saling bersilaturrahim meskipun hanya bisa sebatas Daring karena Pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Dengan demikian, menjadi sempurnalah kesucian diri kita, bersih dari dosa kepada Allah dan bersih pula dari dosa kepada sesama kita.
Sahabat Pemuda Muslimin dan Corp Muslimat yang Berbahagia,
Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua Jajaran Pimpinan Cabang Pemuda Muslimin Kabupaten Cianjur dan Seluruh Pimpinan Anak Cabang serta semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif selama pelaksanaan ibadah dan Program Keagamaan Organisasi selama bulan suci Ramadhan.
Sebelum mengakhiri pidato singkat ini, Saya Mengajak kepada rekan-rekan semua untuk meluangkan waktu secara khusus berdo’a untuk saudara-saudara kita di Palestina, Semoga Alloh Subhanahu Wata’aalla melindungi mereka dan memberi kekuatan juga saya mengajak rekan-rekan untuk terus menggalang jiwa solidaritas demi Keadilan dan Kemanusiaan.
Akhir kata, semoga kita semua tergolong orang-orang yang kembali kepada jatidiri kemanusiaan kita, dan tergolong orang-orang yang menang dalam mengendalikan hawa nafsu. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita dan memberkati kehidupan kita dengan kebaikan dan kebahagiaan.
Billahi Fie Sabililhaq
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Ketua Pimpinan Cabang
Pemuda Muslimin Indonesia
Kabupaten Cianjur,
SYAMSIL DAFIK

sumber: pemudamuslimcianjur.blogspot.com

BACA JUGA:   Pemuda Muslim Lutra kolaborasi luwu utara peduli palestina terkumpul Rp 23.262.000

News Feed