Home Berita Umum Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan

Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan

by admin
2 views
Tempat wisata di Surabaya tentu tidak akan lepas dari image Kota Surabaya yang terkenal akan Kota Pahlawan. Sebagai kota yang merupakan kota perjuangan dan juga kelahiran, serta kediaman banyak tokoh pahlawan berjasa Negara Republik Indonesia, sudah sepantasnya banyak terdapat wisata sejarah yang hadir di kota ini.
Karena alasan itulah, Surabaya saat ini memiliki tiga museum yang menjadi tempat kita bisa menyusuri sejarah dan pahlawan bangsa.
Terdapat kediaman Wage Rudolf Soepratman atau WR Soepratman yang merupakan sang pencipta lagu Indonesia Raya. Ada juga rumah dari HOS Tjokroaminoto, ketua organisasi Sarekat Islam. Dan tempat menyimpan benda-benda historis dari Dr. Soetomo, salah satu pendiri dari Boedi Utomo. Penasaran?

Berikut 3 museum para tokoh pahlawan pendiri bangsa yang kini menjadi tempat wisata di Surabaya, dilansir melalui Kemdikbud dan Bappeko Surabaya.

1. Museum W.R. Soepratman
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (1)
Museum W.R. Soepratman Surabaya. Foto: Zabur Kakuru/ANTARA FOTO
Museum W.R. Soepratman adalah bangunan rumah yang didiami oleh W.R. Soepratman pada tahun 1937 hingga akhir hayatnya yaitu pada 17 Agustus 1938. Bangunan yang kemudian menjadi museum ini ternyata merupakan rumah yang dimiliki oleh kakak pertama W.R. Soepratman yang bernama Roekiyem Soepratijah.
Museum ini memiliki dua kamar tidur yang terletak di sisi kanan rumah dan juga terletak di sisi kiri dari ruang tamu.
W.R. Soepratman sendiri menempati kamar yang ada di bagian depan. Kamar tersebut tidak memiliki pintu sama sekali. Untuk memasuki kamar, orang harus masuk melalui jendela. Cara ini ternyata digunakan untuk mengelabui para aparat Hindia Belanda pada zaman penjajahan dulu.
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (2)
Replika biola W.R. Soepratman. Sumber: Bappeko Surabaya
Di dalam museum ini juga terdapat ruang tamu di mana diperlihatkan foto-foto W.R. Soepratman bersama dengan keluarga dan para sahabat. Di ruang tamu itu juga diletakkan lemari yang menyimpan replika biola milik beliau.
Untuk kamu yang ingin datang berkunjung, museum ini beralamat di Jalan Mangga No 21 Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. Museum ini buka dari Selasa – Minggu. pukul 09.00 – 17.00 WIB.
2. Rumah Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (3)
Rumah H.O.S Tjokroaminoto. Sumber: Kemdikbud
Rumah ini merupakan saksi dari hidup H.O.S Tjokroaminoto selama tinggal di Surabaya. Melansir Kemdikbud, sebagai ketua organisasi pergerakan terbesar bernama Sarekat Islam, rumah ini dahulu kerap kali digunakan untuk mengajar dan juga melakukan diskusi dengan para aktivis muda seperti Soekarno, Kartosoewirjo, Alimin, Musso dan Semaoen.
Rumah dari Hadji Oemar Said Tjokroaminoto terlihat khas dengan arsitektur bangunan zaman dahulu yang memiliki pagar dan rangka kayu berwarna hijau. Rumah sekaligus museum ini memiliki dua lantai.
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (4)
Ruangan H.O.S Tjokroaminoto. Sumber: Kemdikbud
Di sisi timur, terdapat ruangan milik H.O.S Tjokroaminoto, sekaligus kamar kos yang pernah ditempati oleh Presiden pertama RI yakni Soekarno. Museum ini diresmikan pada 27 November 2017 lalu oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini sebagai museum Pemerintah Kota Surabaya.
Jika ingin berkunjung, silahkan datang pada hari Selasa hingga hari Minggu, mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Museum H.O.S Tjokroaminoto beralamat di Jalan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.
3. Museum Dr. Soetomo
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (5)
Museum Dr. Soetomo. Foto: Bapekko Surabaya
Museum Dr. Soetomo diresmikan pada bulan November tahun 2017 sebagai museum khusus yang memperlihatkan riwayat hidup dari Dr. Soetomo. Ia menjadi tokoh sejarah lantaran menjadi salah satu pendiri dari organisasi Boedi Utomo. Boedi Utomo adalah pionir dari organisasi pergerakan utama di Indonesia.
Museum ini memiliki dua lantai yang menyimpan barang-barang pribadi Dr. Soetomo semasa beliau menjadi dokter. Di lantai satu, kita dapat membaca tulisan perjuangan Dr. Soetomo bersama dengan Boedi Utomo dan pendidikannya. Makam Dr. Soetomo juga terletak tidak jauh dari museum.
Tempat Wisata di Surabaya, Menyusuri Museum Mengenang 3 Pahlawan (6)
Ruangan dari Museum Dr. Soetomo. Sumber: Bappeko Surabaya
Museum yang telah menjadi tempat wisata di Surabaya ini terletak di Komplek Pendopo Gedung Nasional Indonesia (GNI) di Jalan Bubutan, Kota Surabaya. Museum ini buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-16.00 WIB, serta pada akhir pekan dari pukul 07.00 -15.00 WIB.
Tiga museum di atas tersebut tidak menetapkan biaya sepeserpun untuk bisa masuk ke dalamnya. Bagaimana? Tempat wisata di Surabaya yang berharga ini sangat wajib untuk dikunjungi bukan?
(SYA)

sumber: kumparan.com

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Rabu, 8 September 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini