Home Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia SEMMI Riau, Organisasi Kemahasiswaan yang Berafiliasi dengan SI, Pengurusnya Rata-rata Pimpinan BEM

SEMMI Riau, Organisasi Kemahasiswaan yang Berafiliasi dengan SI, Pengurusnya Rata-rata Pimpinan BEM

by admin
1 views

PEKANBARU – Pengurus Wilayah (PW) Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Provinsi Riau resmi terbentuk di Riau setelah merampungkan kepengurusan di beberapa provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

SEMMI sendiri merupakan organisasi kemahasiswaan yang berafiliasi pada Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam yang pernah berkontribusi dalam kemerdekaan Indonesia, yakni Sarekat Islam (SI) yang menjadi ladang perjuangan pahlawan nasional, HOS Cokroaminoto.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua SEMMI Riau, Bobby Kurniawan. Menurut Bobby, saat ini ada 18 orang yang terlibat dalam PW, dan dalam waktu dekat mereka akan melakukan pelantikan.

“Kita memang tidak menugaskan banyak orang dalam kepengurusan di PW, 18-20 sudah cukup, karena kan kita sifatnya koordinasi, penugasan nanti akan lebih ke Pengurus Cabang (PC)” katanya kepada GoRiau.com, Rabu (28/4/2021).

Meski baru dibentuk di Riau, SEMMI Riau, lanjut Bobby, saat ini diisi oleh para pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Riau. Bobby yakin, kader Semmi saat ini bisa mengembangkan konsep pemikiran dakwah dagang Islam.

BACA JUGA:   OBSESI refleksi kebangsaan, 10 agustus 2021

“Sekretaris SEMMI Riau itu demisioner Presma Politeknik Bengkalis dan bendaharanya dari Presma Universitas Islam Riau (UIR), Ketua Hubungan Antar Lembaga itu Presma Abdurrab, dan banyak pimpinan kampus lainnya,” ujarnya.

Bobby sendiri merupakan Ketua Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP).

Adapun agenda lanjutannya adalah pelantikan yang direncanakan pada tanggal 24 Mei 2021 mendatang, Bobby optimis menjelang waktu pelantikan, pihaknya sudah merampungkan kepengurusan di 12 PC yang ada di Riau.

“insyaAllah nanti pelantikan akan dihadiri oleh Ketua Umum SI, Ketua Umum PB Semmi, dan unsur Forkompinda,” tuturnya.

BACA JUGA:   Ayo akses informasi terkait kegiatan Pengurus Wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia ( Semmi ) Sulawesi Barat Melalui akun resmi kami.

Diakui Bobby, pergerakan Semmi belum terlalu masif, karena pihaknya hanya memanfaatkan media sosial ditambah dengan informasi dari mulut ke mulut.

Pun begitu, Semmi sudah mulai menjalin komunikasi dengan beberapa tokoh publik di Riau, diantaranya Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, LAM Riau, Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi, Ketua YLPI Riau, dan tokoh lainnya.

“Perjumpaan dengan Wagub Alhamdulillah membuka jalan bagi kami untuk menjalin koordinasi lebih luas lagi, target kita di akhir bulan ramadhan sudah ‘assalamualaikum’ dengan unsur Forkompinda,” ulasnya.

Sementara itu, Bendahara Semmi Riau, Novrianto menambahkan, Semmi sebenarnya sudah diwacanakan pembentukannya pada tahun 2017 lalu, namun waktu itu aktivis-aktivisnya belum mampu.

“Barulah pads tahun 2020, kita dapat link ke pusat, dan kemudian diberi mandat, dan kita rangkul kawan-kawan, Alhamdulillah kita bisa sampai sejauh ini,” katanya. *

sumber: goriau.com

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini