by

MERETAS JALAN MEWUJUDKAN “MUBALIGHUL ISLAM” MELALUI COKROAMINOTO BOARDING SCHOOL

Print Friendly, PDF & Email

SoluSI.info – Madrasah Tsanawiyah Cokroaminoto Tanjungtirta yang lebih populer di sebut MASCOT, sebuah madrasah jenjang MTs yang terletak di desa Tanjungtirta, kecamatan Punggelan kabupaten Banjarnegara, saat ini tengah berupaya merintis sebuah madrasah berasrama yang berlabelkan Cokroaminoto Boarding School (CBS) MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta yang disingkat CBS MASCOT, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di madrasah.
MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta yang memiliki motto “Tetap bangga dengan prestasi tetapi lebih bangga melahirkan kader Muslim yang berbudi pekerti”, pada tahun ini memiliki jumlah siswa duaratusan lebih. Meskipun letaknya di lembah perbukitan dusun Siwaru desa Tanjungtirta, namun madrasah ini tidak ketinggalan dalam peraihan prestasi kejuaraan diberbagai even bergengsi tingkat kabupaten bahkan nasional khususnya bidang qiroah, pencak silat dan kepramukaan dengan sekolah sekolah yang cenderung difavoritkan sama masyarakat.
Dengan didukung tenaga pendidik dan kependidikan muda berdedikasi tinggi dengan basic pendidikan pesantren terkemuka di Indonesia, keluarga besar MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta sebagai tim penggerak sekaligus pelaksana optimis bahwa CBS MASCOT akan berhasil menjadi wadah pendidikan favorit yang di cari oleh ummat Islam. Disamping didukung oleh para profesional muda, kurikulum yang akan diterapkan merupakan kombinasi antara kurikulum nasional dan kurikulum Pendidikan Syarikat Islam.
Kurikulum Pendidikan Syarikat Islam merupakan kurikulum muatan lokal yang disusun berdasarkan referensi sebuah buku “Moslem National Onderwijs” karya Jang Oetama H.O.S. Tjokroaminoto atau yang dikenal sebagai guru bangsa. Kurikulum ini juga menjadi kurikulum ciri khusus CBS MASCOT yang mengajarkan tata nilai sebagai kekuatan inti pengajarannya, seperti sikap nasionalisme, gotong royong, kejujuran, kedisiplinan, keberanian dan lain-lain. Dimana tata nilai yang sesungguhnya sangat dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tersebut saat ini mulai memudar ditengah kehidupan kita.
Dengan mengusung visi “Mewujudkan Mubalighul Islam yang cakap ilmu Agama Islam dan ilmu modern” dan metode pengajarannya mensandarkan diri pada sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu dan sepandai-pandai siyasah menjadikan CBS MASCOT berpeluang besar menjadi boarding school yang diminati oleh masyarakat.
Optimisme tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ustadz Warsito sang direktur, pada saat rapat bersama dengan seluruh tim pelaksana. “Saya optimis bahwa CBS MASCOT yang kita rintis ini akan menjadi model baru yang diminati oleh masyarakat karena akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan menjadi jawaban atas berbagai permasalahan yang terjadi saat ini” jelas Warsito.
Dukungan dari berbagai pihak khususnya warga Syarikat Islam di kabupaten Banjarnegara meskipun baru dalam bentuk do’a, membuktikan bahwa sikap optimisme itu benar-benar dapat diwujudkan. Setidaknya do’a tersebut menjadi kekuatan spiritual yang akan memberikan spirit bagi tim pelaksana yang saat ini sedang berjuang melakukan rekruitmen santri baru tahun pelajaran 2020-2021.
Sebagai bentuk keseriusan tim pelaksana dalam menjalankan program mulia ini, saat ini divisi sarana dan prasarana yang dikomandani oleh Iswanto, sedang mempersiapkan asrama untuk bermukim para calon Mubalighul Islam dan Ustadz serta Ustadzah yang akan mendampingi para santri dalam proses pembelajaran serta mengupayakan sarana pendukung lainnya seperti karpet, kasur lantai, selimut, penjemuran baju, almari dan lain-lain, dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya warga Syarikat Islam di seluruh Indonesia bagi yang berniat untuk memberikan bantuan material.
“Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi warga masyarakat khususnya warga Syarikat Islam di seluruh Indonesia untuk memberikan bantuan tidak hanya dalam bentuk do’a akan tetapi bantuan material yang masih sangat kami butuhkan”, terang Iswanto.
Ia juga mengatakan, bagi para donatur yang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan dapat menghubungi customer service kami atas nama Ibu Rofingatun Widiyanti HP: 081 273 333 879.

BACA JUGA:   Pengamat Minta Jokowi Pecat Moeldoko Soal PTUN Kemenkumham

Sementara itu, Mokh. Basuki selaku wakil direktur yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan rekruitmen santri mengatakan bahwa diawal pembukaanya ini, baru menerima 20 calon Mubalighul Islam putra, yang nantinya akan diseleksi terlebih dahulu berdasarkan mekanisme yang telah diatur dalam petunjuk teknis penjaringan santri baru.
Basuki juga meminta bantuan kepada seluruh tokoh masyarakat, jajaran pengurus DPP dan DPC Syarikat Islam beserta badan otonomnya untuk ikut serta membantu mensukseskan proses rekruitmen ini sebagai wujud dukungan nyata atas lahirnya sebuah pesantren Syarikat Islam di Banjarnegara. (Kang Leken/Solusionline.com)

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 22 Juni 2021 Pukul 20.00 - 21.00 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

sumber: solusi.info

News Feed