by

Ketum PB SEMMI Bintang: Menjadikan H.O.S Tjokroaminoto Ikon Partainya, Agus Jabo sama saja mengecilkan H.O.S Tjokroaminoto sebagai Guru Bangsa.

Print Friendly, PDF & Email

News Tipikor | Jakarta. Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra keberatan dengan pernyataan Agus Jabo Priyono, Ketua Umum DPP Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) yang akan menjadikan H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon partainya.

Menurutnya, H.O.S Tjokroaminoto adalah Guru Bangsa, sehingga tidak boleh diklaim milik satu kelompok atau satu golongan.

“Tidak boleh ada yang mengklaim H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon kelompok tertentu, apalagi partai politik. PB SEMMI sebagai organisasi serumpun Syarikat Islam keberatan dengan klaim Saudara Agus Jabo Priyono, yang akan menjadikan H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon partainya. Apapun alasan yang disampaikan,” ujar Bintang kepada media di Jakarta, Minggu (14/03/2021).

Menurut Bintang, pihaknya berterimakasih ada partai politik yang pendiriannya terinspirasi pemikiran egaliter H.O.S Tjokroaminoto. Pandangan H.O.S Tjokroaminoto tentang Islam dan Sosialisme yang menjadi buku putih Kader Syarikat Islam bisa menjadi tawaran alternatif ditengah kebuntuan partai politik menawarkan gagasan yang genuine kepada rakyat. Tapi mengklaim sosok H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon partai politik tidak bisa diterima oleh Kader Syarikat Islam.

BACA JUGA:   PB SEMMI mengucapkan Selamat Milad ke-59 Kanda Hamdan Zoelva, Ketum LT/DPP SI

“Keinginan Agus Jabo Priyono sama saja mengecilkan H.O.S Tjokroaminoto. Dan itu kita tolak. H.O.S Tjokroaminoto terlalu agung untuk dimiliki satu kelompok. Beliau adalah Guru Bangsa yang menjadi inspirasi perjuangan seluruh warga Bangsa.” Tutur Bintang.

Bintang melanjutkan, saat ini ada ribuan kader Syarikat Islam yang tersebar dan bergabung dengan partai politik yang ada. Mereka memilih partai politik sebagai medan pengabdian meneruskan amanat dan cita-cita H.O.S Tjokroaminoto di partai politik masing-masing. Tidak sedikit diantara mereka yang menjadi elit di partai politiknya.

“Ribuan Kader Syarikat Islam ada di Partai Golkar, Nasdem, Demokrat, PPP, PDI-P dan lainnya. Diantara mereka ada yang menjadi elit parpol dan tidak sedikit yang menjadi anggota DPR RI dan DPRD. Mereka memilih meneruskan cita-cita H.O.S Tjokroaminoto di partainya masing-masing. Kader Syarikat Islam yang sudah di parpol pasti keberatan dan protes kepada Syarikat Islam sebagai Ormas yang didalamnya terdapat keturunan Biologis dan Ideologis H.O.S Tjokroaminoto dan Haji Agus Salim,” tegas Bintang.

BACA JUGA:   SEMMI Adakan Aksi di Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi

Karena itu menurut Bintang, sebagai Ketua Umum DPP PRIMA Agus Jabo Priyono harus mengoreksi pernyataannya dan membatalkan niatnya menjadi H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon partai PRIMA.

“Diatas kepentingan politik ada etika. Apakah yang bersangkutan sudah meminta ijin kepada keluarga besar H.O.S Tjokroaminoto? Mungkin ini belum dilakukan. Jangan lupa masih ada keturunan biologis dan ideologi H.O.S Tjokroaminoto yang menjaga marwah eyang mereka.” Tutup Bintang.

Seperti diketahui Agus Jabo Priyono, Ketua Umum DPP Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) mengatakan akan menjadikan H.O.S Tjokroaminoto sebagai ikon partainya setelah menyambangi Ormas Syarikat Islam Indonesia di Jakarta Barat.

sumber: newstipikor.com

News Feed