by

Patung Adipura di Ponorogo Bakal Diganti dengan ‘Raja Jawa Tanpa Mahkota’

Print Friendly, PDF & Email

jatimnow.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo bakal mengganti Patung Adipura yang berada di perempatan Pasar Legi dengan Patung Hadji Oemar Said Tjokroaminoto.

Rencana itu disampaikan oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko yang akan mengganti Patung Adipura yang dibangun pada pemerintahan Bupati Markum Singodimedjo.

“Akan ada identitas baru karena pahlawan itu lahir di Ponorogo. Selain itu, dibangun di Jalan HOS Cokroaminoto kan pas,” terang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Rabu (10/3/2021).

Ia menjelaskan, HOS Tjokroaminoto adalah pahlawan yang sangat dibanggakan. Menurutnya, beliau merupakan pelopor pergerakan Indonesia. Ia juga tokoh dari pribumi yang paling berpegaruh dan disegani.

Identitas tersebut harus terbangun di Ponorogo agar warga Bumi Reog patut memiliki jati diri seperti HOS Tjokroaminoto.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 31 Agustus 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

“Penokohan HOS Tjokroaminoto sangat bagus. Kami menginginkan perubahan dan semangat yang lebih baik untuk Ponorogo,” jelasnya.

Sosok pahlawan nasional yang dijuluki ‘Raja Jawa Tanpa Mahkota’ oleh penjajah Belanda kala itu juga berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Sebab, tokoh tersebut yang menjadi guru dari Presiden Republik Indonesia, Soekarno.

Selain itu, anak HOS Tjokroaminoto yang bernama Siti Oetari menjadi istri Bung Karno.

“Dengan sejarah yang luar biasa akan menjadi kebanggaan Ponorogo. Harus ada perubahan yang lebih baik. Tidak ada sangkut pautnya siapa yang membangun. Memang harus diganti demi menyelaraskan estetika,” terangnya.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 24 Agustus 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

Sugiri mengaku belum memastikan patung tersebut akan segera dibangun. Ia mengaku pihaknya belum mengantongi jumlah anggaran yang sudah ada dan berapa yang dibutuhkan untuk pembangunan patung HOS Tjokroaminoto.

“Belum ada dana. Harus sabar karena kami memaksimalkan dana partisipan secara gotong royong,” ujarnya.

Nantinya akan ada tim ahli yang menentukan untuk pembangunan model patung itu. Dia menyebut setelah anggaran sudah jelas akan segera menyusun dan mematangkan perencanaan pembentukan wajah baru Ponorogo tersebut.

“Intinya patung HOS Tjokroaminoto. Mengenai menghadap ke selatan, utara atau bahkan ke barat nanti akan ada tim ahli. Sementara masih berkutat pada anggaran,” pungkasnya.

sumber: jatimnow.com

News Feed