Home Berita Umum JENDELA “SENGKLEH”

JENDELA “SENGKLEH”

by admin
2 views

SoluSI.info – Hiruk pikuk dan maraknya orang berorganisasi belakangan ini menjadi trend yang rupanya menjamur disaentaro negeri, baik dengan bungkus religi, kebangsaan, ekonomi, politik, dan juga sosial/kemasyarakatan. semua hal tersebut dilatar belakangi oleh kepentingan yang berbeda satu sama lain sehingga akan membentuk komunitas yang searah dengan tujuan yang ingin dicapai.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komunitas / organisasi merupakan kendaraan atau alat untuk mencapai kepentingan bersama atas dasar persamaan pemikiran dan keinginan.

Manusia sebagai mahluk sosial niscaya tidak dapat terlepas dari peran orang lain, baik yang searah ataupun yang tidak searah dengan apa yang menjadi tujuannya. tetapi bisa dinilai dari sudut pandang cita-cita bahwa masing – masing memiliki harapan dari apa yang dikerjakan.

BACA JUGA:   Peristiwa 16 Oktober 1905: Sejarah Berdirinya Sarekat Islam di Surakarta

Keadaan sebuah wilayah, daerah, atau negara akan mempengaruhi laju dan warna sebuah orgnisasi dimana organisasi tersebut digerakan oleh anggota/konstituen sebersoapun jumlahnya. Organisasi akan berkembang jikalau keadaan suatu daerah, wilayah, atau negara dalam kondisi kondusif serta adanya kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan komunitas/organisasi tersebut.
Tidak kalah penting keberhasilan organisasi adalah bagaimana anggotanya mengelola dengan baik serta dengan kesungguhan, keseriusan, dan komitmen yang tinggi, dan hal ini menjadi modal dasar yang harus dimiliki.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 7 September 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

Pemahaman seseorang (anggota) sebuah organisasi yang keliru dalam memaknai organisasi sebagai alat kepentingan serta lemahnya sumber daya dalam pengelolaan akan menghasilkan/output yang tidak sesuai dengan harapan. Cara pandang, pemahaman, serta pemaknaan yang keliru maka akan menhasilkan arah yang berbeda dengan tujuan. Bahkan hal ini jika masing-masing anggota memiliki cara pandang, pemahaman, pemaknaan yg berbeda-beda sudah dapat diprediksi organisasi akan rusak bahkan hancur.

Sekelumit “pinemu” ini  semoga bermanfaat.

Oleh : Sugeng Gogon Margono

Sugeng Gogon Margono – Pendidik di YPI Cokroaminoto Cab. Banjarnegara

Editor : kangtangin

sumber: solusi.info

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini