by

Dukung Penunjukan Presiden, PB SEMMI Siap Kawal Suksesi Kapolri

Print Friendly, PDF & Email

Liputan6.com, Jakarta – Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) siap mengawal suksesi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang namanya telah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (13/1/2021).

“Saatnya sekarang kita mengawal suksesi Kapolri. Sebab, nama Kapolri yang dicalonkan oleh presiden Jokowi merupakan orang terbaik,” tegas Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, dengan sudah dimasukkannya nama calon Kapolri ke DPR RI, maka saatnya DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap figur yang dicalonkan oleh Presiden.

Bintang meminta agar DPR RI melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri berdasarkan kinerja serta visi misi calon tersebut, tanpa harus menyinggung hal lain diluar tugas pokok dan fungsi Kapolri.

BACA JUGA:   WNI Jadi Korban Kekerasan Rasial, Jokowi Diminta Tinjau Ulang Hubungan dengan AS

“Saya menilai nama yang diajukan oleh Presiden Jokowi, yakni Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo adalah sosok yang tepat untuk menjadi Kapolri. Selama ini saya melihat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memiliki track record yang baik dan berhasil saat menjabat, mulai dari Kapolresta Surakarta hingga terakhir menjadi Kabareskrim Polri,” jelasnya.

Selain itu, Komjen Sigit juga dinilai memenuhi kriteria sehingga sudah dipastikan lolos fit and propertest di Komisi III DPR nanti.

Bintang mengatakan, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo adalah sosok polisi yang humanis, profesional dalam penegakkan hukum dan namanya masih bersih.

“Melihat semua itu, maka pilihan Presiden Jokowi sudah sangat tepat. Dan PB SEMMI mendukung penuh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri,” tutupnya.

BACA JUGA:   PB SEMMI Desak Aparat Usut Oknum Perusak Lingkungan Penyebab Banjir NTB

Jokowi Tunjuk Kabareskrim

Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo atau Jokowi terkait calon Kapolri telah dikirimkan ke DPR, Rabu (13/1/2021). Dalam surat yang diterima Ketua DPR Puan Maharani, Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo ditunjuk Jokowi menjadi calon Kapolri.

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Drs Listyo Sigit Prabowo, Msi, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan Maharani.

“Pergantian Kapolri saat ini adalah mengikuti siklus masa jabatan yang telah berakhir dan dengan demikian perlu diangkat Kapolri yang baru,” ucap Puan yang mengaku menerima surat tersebut dari Mensesneg Pratikno.

sumber: liputan6.com

News Feed