by

6 Organisasi Mahasiswa Islam Ekstra Kampus Terbesar di Indonesia, Maba Wajib Tau!

Print Friendly, PDF & Email

FIX INDONESIA – Berbicara Mahasiswa maka sangat identik dengan yang namanya organisasi. Dimana organisasi ini merupakan wadah bagi orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.
Berorganisasi memiliki manfaat yang banyak bagi para Mahasiswa,  di organisasi mereka bisa mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan di perkuliahan.
Dalam organisasi, Mahasiswa akan mendapatkan ruang kesempatan bagi dirinya untuk mengembangkan potensi dalam berbagai aspek baik ilmu manajemen, politik, networking, mengasah Softskill kemudian kepemimpinan dan masih banyak lagi.
Organisasi Mahasiswa terbagi menjadi dua ada organisasi intra kampus ada juga organisasi ekstra kampus.
Pada kesempatan kali ini kita membahas organisasi mahasiswa Islam extra kampus terbesar di Indonesia yang harus kamu ketahui diantaranya:
1. Organisasi HMI
Himpunan Mahasiswa Islam islam ini merupakan organisasi yang didirikan oleh Lapran Pane beserta 14 orang temannya, pada tanggal 5 Februari 1947 di Yogyakarta tepatnya di Kampus Sekolah Tinggi Islam yang hari ini dikenal dengan UII.
Organisasi yang didirikan dua tahun setelah kemerdekaan ini merupakan organisasi Mahasiswa Islam tertua di Indonesia dan memiliki kontribusi yang besar bagi bangsa ini.
Pada tahun 1965 HMI adalah salah satu organisasi yang diperhitungkan oleh DN Aidit pimpinan Partai Komunis Indonesia yang berulang kali berusaha ingin membubarkan HMI.
Banyak tokoh bangsa yang lahir dari organisasi ini, salah satunya adalah Yusuf Kala dan Anies Baswedan.
Organisasi ini sudah memiliki cabang di tiap kabupaten dan kota di Indonesia serta memiliki kader yang banyak.
Organisasi yang dikenal dengan jargon yakin usaha sampai ini memiliki tujuan yaitu:
“Terbinanya Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT,”.
2. Organisasi PMII
Ide pertama berdirinya organisasi pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ini bermula dari adanya hasrat kuat membentuk suatu wadah bagi mahasiswa yang berideologi Ahli Sunah Waljamaah.
Keinginan ini terlaksana pada tanggal 17 april 1960 dan menjadi kelahiran organisasi PMII di Balai Pemuda Surabaya.
Organisasi yang memiliki moto beriman, ber ilmu bertaqwa ini memiliki tujuan pergerakan yaitu:
“Terbentuknya pribadi muslim indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan indonesia”.
Organisasi PMII ini juga tersebar di berbagai kota di Indonesia dan memiliki kader yang banyak.
3. Organisasi KAMMI
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ini merupakan organisasi islam yang lahir pada tanggal 29 maret 1998 di Malang.
KAMMI ini terlahir dari momentum pertemuan Lembaga Dakwah Kampus yang di selenggarakan di Malang serta atas dasar keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional yang melanda bangsa ini.
Pada saat itu Fahri Hamzah di tetapkan sebagai Ketua Umum dan Haryo Setyoko sebagai Sekretaris Umum.
Organisasi ini sudah ada di tiap kabupaten dan kota di Indonesia dan memiliki jumlah kader yang banyak.
4 Organisasi IMM
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah.
Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 Maret tahun 1964. Ada dua faktor yang melatar belakangi lahirnya organisasi ini dimana yang pertama sebagai kebutuhan dari Muhammadiyah yang belum punya wadah bagi para Mahasiswa, dan yang kedua adalah faktor eksternal yaitu melihat kondisi umat islam dan juga bangsa pada saat itu.
Organisasi IMM ini memiliki tujuan mengusahakan terbentuknya akademisi islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.
Organisasi IMM ini sudah ada di tiap kabupaten dan kota di Indonesia dan memiliki kader yang banyak.
5. Organisasi SEMMI
Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia ini didirikan pada 2 April 1956 di Bandung.
Pendirian Organisasi Mahasiswa ini berbarengan dengan Majelis Tahkim Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII). SEMMI merupakan anak kandung sejarah dari Syarikat Islam.
Arudji Kartawinata adalah sosok penting bagi berdirinya organisasi Mahasiswa ini.
SEMMI sudah ada di tiap Kabupaten dan kota di Indonesia serta memiliki kader yang banyak.
Organisasi HIMA PERSIS ini didirikan pada periode kepemimpinan Ustadz Latif Mukhtar yang saat itu sedang menjabat menjadi ketua PP PERSIS.
Organisasi ini ditetapkan pada tanggal 24 Maret 1996 setelah melewati proses dan dinamika yang alot.
Organisasi yang memiliki jargon Ilmiah, Progresif, Revolusioner ini memiliki visi, “sebagai wadah pembentuk kader Ulul Albab”.
Misinya membentuk kader agen perubahan, mencetak kader ulama intelektual, dan melakukan secara aktif prinsip amar ma’ruf nahyi munkar.
Itulah 6 organisasi Mahasiswa Islam extra kampus terbesar di Indonesia yang bisa menjadi opsi buat para maba.***

Editor: Agus Satia Negara

BACA JUGA:   PB SEMMI Dukung TNI Tertibkan Baliho Rizieq, Asal Sesuai Aturan

sumber: fixindonesia.pikiran-rakyat.com

News Feed