by

Pertama Kali Secara Internasional, Netflix Resmi Tayangkan Film HOS Tjokroaminoto di Hari Pahlawan

Print Friendly, PDF & Email

PR CIREBON – Tagar hari pahlawan pada 10 november 2020 saat ini menjadi trending di media sosial, lantaran banyak masyarakat yang memperingati hari pahlawan kali ini.

Pemerintah pun menyambut baik hari pahlawan dengan memberikan gelar pahlawan kepada sejumlah tokoh masyarakat di tanah air.

Tak luput, dalam rangka menyambut hari pahlawan, layanan streaming Netflix menayangkan film biopik “Guru Bangsa Tjokroaminoto” secara internasional. Hal ini dikonfirmasi oleh MSH Films yang memproduksi film tersebut.

BACA JUGA:   4 Lirik Lagu Perjuangan dan Surabaya Jadi Kota Pahlawan

“Dengan tayangnya film ‘Guru Bangsa Tjokroaminoto‘ ini pada layanan Netflix diharapkan masyarakat dunia dapat lebih mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia serta sosok dan semangat Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto tentunya,” ungkap Nayaka Untara selaku Produser MSH Films.

Diketahui, Raden HOS Tjokroaminoto merupakan sosok yang memimpin organisasi Sarekat Islam hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak dua juta orang yang berasal dari berbagai kalangan kelas sosial.

Selain itu, HOS Tjokroaminoto juga merupakan guru pemimpin pergerakan nasional, seperti Soekarno, Semaoen, Alimin dan Moesso.

BACA JUGA:   16 Oktober 1905: Kontroversi Kelahiran Sarekat Islam dan Hari Kebangkitan Nasional

“Semangat dan nilai-nilai perjuangan yang dimiliki seorang HOS Tjokroaminoto sebagai tokoh pergerakan nasional dalam memperjuangankan gagasan, ide dan nilai-nilai kebangsaan ini dapat membangkitkan kembali rasa kebangsaan generasi muda saat ini,” ujar Ketua YKB HOS Tjokroaminoto Erik Hidayat, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara News.

Film biopik “Guru Bangsa Tjokroaminoto” merupakan film yang disutradarai oleh Garin Nugroho dan telah tayang pada April 2015 lalu.

sumber: cirebon.pikiran-rakyat.com

News Feed