Home Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Peringatan Hari Pahlawan PB Semmi Gelar Webinar Mengulas Kiprah Soekarno dan Syarikat Islam

Peringatan Hari Pahlawan PB Semmi Gelar Webinar Mengulas Kiprah Soekarno dan Syarikat Islam

by admin
2 views

NewsTipikor.com – Jakarta. Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) menyelenggarakan Webinar dengan tema, Soekarno dan Syarikat Islam, bertajuk: Webinar Wujudkan Indonesia Maju Dengan Semangat Pahlawan.

Webinar yang dilaksanakan PB SEMMI bekerjasama dengan Tjoroaminoto Institute menghadirkan empat orang nara sumber dengan latar belakang berbeda yang bisa dikatakan mewakili zamannya. Keempat nara sumber webinar tersebut adalah Dr. Ahmad Basarah, anggota DPR RI, Dr. Hamdan Zoelva, mantan Hakim Konstitusi, Syafii Efendi, Direktur Tjokroaminoto Institute dan Khoirunnisa Miss Asia 2017 yang juga pimpinan salah satu organisasi kepemudaan tingkat nasional.

Dalam paparannya, Ahmad Basarah yang tidak lain adalah politisi PDI-Perjuangan mengatakan, sebgai sebuah Bangsa, Indonesia dilahirkan atas perjuangan para pahlawan yang tidak bisa dilepaskan dari peran Syarikat Islam dan Soekarno sebagai pendiri bangsa.

BACA JUGA:   VAKSINASI SERENTAK, 22-23 September 2021 PB SEMMI

Menurut Basarah, Soekarno muda dititipkan orangtuanya dirumah HOS Tjokroaminoto untuk belajar Islam dan Sosialisme. Di Syarikat Islam jiwa nasionalisme Soekarno ditempa hingga tertanam dalam dirinya. Tidak ada sama sekali jiwa komunis pada diri Soekarno meski ia bergaul dengan tokoh komunis.

“Di rumah Paneleh, Soekarno belajar tentang Nasionalisme yang kemudian menjadi jati dirinya. Tidak ada komunisme dalam diri Soekarno meski berteman dengan tokoh komunis yang sama-sama belajar.” Ujar Ahmad Basarah.

Sebagai tuan rumah, Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra menyampaikan Bahwa pada Momentum Hari Pahlawan saat ini kita harus banyak memanjatkan doa atas jasa para Pahlawan yang telah berjuang berkorban jiwa dan raga, hingga bangsa ini merdeka dari penjajah. Dan sebagai bentuk terimkasih kepada Pahlawan, tugas kita mengisi Kemerdekaan dengan karya, mendukung dan mengawal jalannya pemerintahan. Dan yang lebih penting lagi adalah tetap menjaga persatuan dan menjaga kedaulatan bangsa.

BACA JUGA:   OBSESI refleksi kebangsaan, 10 agustus 2021

“Mengutip pernyataan Bang Ahmad Basarah tentang Nasionalisme Soekarno, peringatan hari Pahlawan harus jadi momentum para pemuda Indonesia untuk meneladani Nasionalilsme dan Religiusitas Soekarno yang didapatnya dari Syarikat Islam. Singkatnya, para Pemuda yang ikut webinar ini memiliki jiwa Nasionalisme dan bisa mengamalkan jiwa Nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Bintang.

sumber: newstipikor.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini