by

Mengenang Sosok Pahlawan Bangsa Lewat Film Biografi Terkemuka

Print Friendly, PDF & Email

biem.co — Sobat biem, Hari Pahlawan menjadi momentum yang tepat untuk mengenang peristiwa-peristiwa besar yang banyak melibatkan tokoh-tokoh pahlawan dalam memertahankan dan memerjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah melalui film.

Ada berbagai film biografi yang sangat cocok untuk kamu tonton di Hari Pahlawan ini. Apa saja?

Soekarno (2013)

(Foto: MVP Pictures).

Film Soekarno yang dirilis tahun 2013 ini bercerita tentang perjalanan hidup Soekarno sebagai salah satu proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia. Film ini menampilkan Ario Bayu sebagai bintang utamanya.

Dalam kisahnya, Soekarno adalah seseorang yang memiliki keberanian dalam memerjuangkan kemerdekaan bangsa. Lewat keberanian itu ia sampai diasingkan ke Ende hingga Bengkulu. Dengan langkah politiknya, Soekarno mampu mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Tak hanya bicara soal berdarah-darahnya perjuangan melawan penjajah, film ini juga sedikit mengangkat kisah romansa Soekarno.

BACA JUGA:   Virtual Tour to Six Surabaya Museums

Film Soekarno saat ini bisa ditonton di Netflix atau layanan streaming legal lainnya.

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

(Foto: Picklock Production).

Guru Bangsa: Tjokroaminoto adalah film Indonesia yang dirilis tahun 2015. Film yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduseri Christine Hakim ini menceritakan biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto.

Film ini melibatkan berbagai aktor dan aktris, di antaranya Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty, Deva Mahenra, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, (alm) Ade Firman Hakim, Alex Abbad, dan Putri Ayudya.

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto saat ini bisa ditonton di Netflix atau layanan streaming legal lainnya.

Kartini (2017)

(Foto: Screenplay Film).

Kartini adalah film biografi dari tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia, R.A Kartini. Film ini bercerita tentang Kartini yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya yang bernama Ngasirah menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri.

BACA JUGA:   Agus Salim Memata-matai Sarekat Islam

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang, baik ningrat ataupun bukan, terutama hak pendidikan untuk perempuan. Bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini dan Kardinah, Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

Film ini dibanjiri bintang-bintang ternama, di antaranya Dian Sastrowardoyo, Christine Hakim, Deddy Sutomo, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, Adinia Wirasti, Denny Sumargo, Dwi Sasono, Rianti Cartwright, Hans de Kraker, Carmen van Rijnbach, dan Rebecca Reijma.

Kartini saat ini bisa ditonton di Netflix atau layanan streaming legal lainnya. (hh)

Editor : Redaksi

sumber: biem.co

News Feed