by

Pidato Ketua Umum PB Pemuda Muslim Indonesia Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H

Print Friendly, PDF & Email

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr Wb

Segala puji hanyalah bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Kami se-nantiasa memuji-Nya, memohon pertolongan serta meminta ampunan kepada-Nya. Kami memohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan yang dibisikkan oleh jiwa-jiwa kami, serta dari keburukan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah berikan hidayah, niscaya tiada satu orang pun yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, niscaya tiada seorang pun yang dapat memberinya hidayah.

Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang ber-hak diibadahi dengan benar selain Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, tiada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang hamba dan utusan-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah atas junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, atas segenap keluarga serta seluruh sahabat beliau.

Amma ba’du

Saudaraku Seiman, Sebangsa dan Senegara

Minggu ini kita dipertemukan dengan dua hari yang amat penting,strategis bagi kehidupan agama, keyakinan dan kebangsaan kita. Pada minggu ini kita memperingati hari kelahiran nabi mulia, nabi penutup risalah Nabi Muhammad SAW, dan peringatan hari sumpah pemuda sebuah peristiwa monumental dan memberi dampak besar bagi perjuangan bangsa mengusir penjajah.

Selaku umat muslim kita meyakini bahwa tidak ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad Saw, beliaulah penutup risalah kenabian, karena risalahnya berlaku sepanjang masa dan bagi semua manusia di dunia sampai akhirat kelak. Kita meyakini sebagaimana kabar yang diberikan oleh Alloh Swt, bahwa nabi Muhammad merupakan Nabi terakhir yang memiliki kedudukan istimewa dibanding nabi yang lainnya, nabi yang memiliki budi pekerti yang luhur, salah satu nabi ulul azmi, satu satunya nabi yang Alloh Swt dan para malaikat senantiasa bershalawat bagi beliau.

Perlu kita ketahui bahwa kedudukan Rasulullah SAW dalam aqidah Islam itu bukan sekadar menjadi pembawa wahyu dari Allah semata. Namun peran beliau jauh lebih luas  dari itu. Beliau SAW adalah representasi semua perintah dan larangan Allah SWT, bukan hanya sebatas teks-teks wahyu, tetapi semua yang beliau katakan, semua yang beliau lakukan, bahkan segala penampilan dan gerak-gerik beliau. Semuanya tidak bisa dilepaskan dari kenyataan bahwa beliau adalah sosok resmi utusan Allah SWT.

Maka penampilan beliau dalam ekspresi wajah, senyum, marah, tertawa, bahkan cara beliau berpakaian, menyisir rambut, merapikan jenggot dan kumis serta hal-hal kecil lainnya, tidak bisa dilepaskan dari sumber hukum dalam syariah Islam.

Dan semua informasi tentang sosok Rasulullah SAW itu harus valid, shahih, benar, dan punya landasan ilmiyah serta bukti otentik. Tidak boleh hanya semata didasarkan pada hayal, ilusi, imajinasi serta perkiraan subjektif dari orang yang tidak pernah bertemu langsung dengan beliau.

Dalam menjadi validitas syariah, apapun perkataaan yang dianggap sebagai perkataan Rasulullah SAW, pasti akan kita tolak mentah-mentah kalau tidak ada jalur periwayatannya yang shahih dan valid. Dan apapun perbuatan yang dianggap sebagai perbuatan beliau SAW, juga akan kita buang ke tong sampah, selama tidak ada jalur periwayatan secara resmi dan memenuhi standar baku dan prosedur yang benar.

Maka kalau ada penghayal dari negeri antah berantah melukis wajah manusia, lantas dia mengklaim bahwa gambar itu adalah wajah Rasulullah SAW, seluruh umat Islam sudah berijma’ sepakat bulat bahwa 100% gambar itu bukan gambar beliau SAW.

Berpijak dari hal diatas, jelas apa yang dilakukan oleh Macron Presiden perancis yang melegalisasi koran Hebdo perancis yang membuat karikatur tentang nabi Muhammad adalah perbuatan yang menghina kemuliaan beliau, dan sebagai umatnya wajar sakit hati, protes, melaknat dan mengecam keras semua tindakan yang diharamkan tersebut.

 

Saudarku Sekalian,

Mari kita jadikan momentum maulid ininuntuk kita lebih mengenal sosok yang akan memberi syafaat kepada kita di akhirat kelak, sehingga dengan kita mengenal nya lebih dekat akan timbul rasa cinta, dan akan menjadi inspirasi dan ibroh dalam upaya kita meraih kebagahigaan hidup di dunia maupun akhirat, dalam kesempatan ini secuil dari kisah beliau ingin saya sampaikan disin;

  1. Nama “Muhammad” adalah nama yang paling populer di seluruh dunia (walaupun sedikit berbeda tergantung lokasinya seperti mahomed, mohammed, dan lain-lain). Dan menempati urutan nomor dua di negara Inggris untuk nama bayi laki-laki (urutan pertama ditempati oleh nama ‘Jack’).
  2. Nabi Muhammad ﷺ melaksanakan ibadah haji hanya 1 kali dalam hidupnya. Setelah Rasulullah ﷺ berhijrah ke Madinah turunlah ayat yang mewajibkan Haji. Beliau hanya sempat berhaji sebanyak satu kali yaitu Haji Wada’ pada tahun 10 H dan berumroh sebanyak empat kali. Sebelum hijrah beliau berhaji berkali kali.
  3. Islam menyebar ke Nusantara ketika Nabi Muhammad masih hidup. Sebuah dokumen kuno asal Tiongkok juga menyebutkan bahwa menjelang seperempat tahun 700 M atau sekitar tahun 625 M—hanya berbeda 15 tahun setelah Rasulullah menerima wahyu pertama.
  4. Jasad Nabi Muhammad pernah ingin dicuri 2 kali, namun kedua-duanya gagal.
  5. Shalat yang pertama dilakukan oleh Rasulallah ﷺ menghadap Masjidil Haram adalah shalat Ashar bersama para sahabat, setelah sebelumnya berkiblat ke Masjidil Baitul Maqdis selama enam belas bulan.
  6. Rasulullah menyebutkan ada 73 golongan dalam Islam, dan hanya 1 yang akan masuk jannah yaitu “Al Jama’ah” menggambarkan banyaknya kelompok-kelompok dalam agama Islam yang terbentuk sepeninggal beliau.
  7. Semua anak laki-laki Nabi Muhammad, yakni, Al-Qasim, Abdullah dan Ibrahim, meninggal kurang lebih pada usia 2 tahun. Salah satu hikmahnya agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi rasul yang baru.
  8. Kata-kata terakhir Nabi Muhammad sebelum wafat adalah “Ummatii… ummatii… ummatii…” yang mengungkapkan betapa besar cintanya kepada umatnya.
  9. Selama 23 kali perang semasa Rasulullah memimpin, hanya sekali kekalahan yang di derita kaum muslimin, yakni, perang uhud.
  10. Nabi Muhammad tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis, namun ingatannya sangat kuat dan sangat cerdas.

Saudaraku sekalian, sejatinya dalam hidup ini, tiada lagi yang layak kita jadikan figure, sosok ideal yang menjadi barometer setiap tindak tanduk, tingkah laku, ucap fikiran dan tekad kita selain rasulullah Saw, mari mulai hari ini kitab baca literatur sejarah kehidupan beliau, kita pelajari Al-qur’an dan Alhadist untuk secara bertahap kita jadikan sebagai arah dalam kehidupan kita. Semoga Alloh Swt memberi kita kemudahan, Rahmat dan Hidayah serta pertolonganNya hingga kita kelak bisa berjumpa dengan sosok yang kita rindukan Nabi Muhammad Saw. Aamiin Yra

 

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Jakarta, 29 Nopember 2020

PIMPINAN BESAR PEMUDA MUSLIM

 

Ervan Taufiq, SE

sumber: pbpemudamuslimindonesia.blogspot.com

BACA JUGA:   Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sumatera Utara Melaksanakan vaksinasi bagi pengurus wilayah dalam upaya mendukung program pemerintah

News Feed