by

Ervan Taufiq: Etika Dalam Islam

Print Friendly, PDF & Email

Islam adalah sebuah sistem hidup yang mengajarkan umatnya berlaku penuh kasih sayang terhadap alam,binatang, pepohonan dan tumbuhan, apalagi terhadap sesama manusia.
Rasulullah Saw bersabda

عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” مَنْ قَتَلَ صَغِيرًا أَوْ كَبِيرًا، أَوْ أَحْرَقَ نَخْلًا، أَوْ قَطَعَ شَجَرَةً مُثْمِرَةً، أَوْ ذَبَحَ شَاةً لِإِهَابِهَا لَمْ يَرْجِعْ كَفَافًا رواه أحمد.

Diriwayatkan dari Tsauban, khadim Rasulullah saw. yang mendengar Rasulullah saw. berpesan, “Orang yang membunuh anak kecil, orang tua renta, membakar perkebunan kurma, menebang pohon berbuah, memburu kambing untuk diambil kulitnya itu akan merugikan generasi berikutnya” (HR Ahmad).

BACA JUGA:   Pemuda Muslim Cianjur mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara 1 Juli 2021

Pesan ini Rasulullah saw. sampaikan dalam konteks peperangan. Sekalipun sedang perang melawan musuh, Rasulullah saw. tetap memperhatikan lingkungan sekitar.

Dalam riwayat lain, sahabat Abu Bakar juga berpesan hal yang sama kepada para pemimpin perang di masanya. Syekh al-Muttaqi al-Hindi dalam Kanzul ‘Ammal menjelaskan perintah Abu Bakar tersebut pada para pemimpin perang Diriwayatkan dari Ibnu Umar yang menceritakan bahwa Abu Bakar mengutus Yazid bin Abu Sufyan memimpin perang ke Syam. Yazid berjalan bersama para prajuritnya sekitar dua mil. Yazid bertanya pada Abu Bakar, “Apakah engkau akan ikut?” “Tidak,” jawab Abu Bakar. “Aku pernah mendengar pesan Rasulullah saw. bahwa siapa yang melangkahkan kakinya untuk berperang di jalan Allah, maka Allah akan mengharamkan ia masuk neraka,” kata Abu Bakar.

BACA JUGA:   PW Pemuda Muslim Aceh Mengucapkan Selamat Milad Muhammadiyah ke-112 Tahun

Saat sudah berada di Madinah, Abu Bakar berpesan pada balatentara perang, “Aku berwasiat takwa untuk kalian, jangan bermaksiat, jangan melampaui batas, jangan penakut, jangan hancurkan rumah ibadah, jangan hancurkan kebun kurma, jangan bakar perkebunan, jangan membunuh hewan ternak, jangan menebang pohon berbuah, jangan membunuh orang tua renta, anak kecil, balita, dan perempuan.
Dalam kondisi perang saja Islam mengajarkan etika yang tinggi apalagi dalam kondisi damai.

Penulis: Ervan Taufiq, SE

sumber: pbpemudamuslimindonesia.blogspot.com

News Feed