PIDATO KETUA UMUM PB PEMUDA MUSLIM PADA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL

by admin
2 views

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yang kami muliakan pengasuh pondok pesantren.

Yang kami hormati para ustadz dan ustadzah.

Yang kami hormati para tokoh agama, tokoh masyarakat.

Yang Kami Hormati dan Banggakan Seluruh Pimpinan Pemuda Muslim di setiap Tingkatan

Yang saya banggakan santriwan santriwati pondok pesantren.

Puja dan puji syukur mari kita haturkan kepada Allah SWT. Atas segala limpahan nikmat, segala limpahan rahmatnya sehingga pada ketika ini kita dapat berjumpa bersama dalam rangka memperingati hari santri nasional di tahun 2020 ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat dan salam, mari kita haturkan kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya besok di hari akhir. Semoga dengan kecintaan dan sholawat kita semua dicintai pula oleh nabi mulia dan akan mendapat tunjangan syafaat. Amin yarobbal alamin.

Hadirin yang saya hormati

Hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober pada setiap tahunnya. Dengan adanya peringatan hari santri ini tidak hanya kita jadikan sebagai peringatan atau seremoni saja namun harus kita buktikan bahwa dengan adanya santri dan dengan adanya peringatan hari santri nasional ini para santri di nusantara ini dapat semakin eksis, dapat semakin maju. Terkadang kita mendengar info yang tidak enak, info yang memojokkan santri bahwa santri ini populer dengan radikal,klasikal,kampungan katanya santri tidak NKRI. ini sungguh tidak benar.

Mana ada santri tidak cinta negaranya sendiri? mana ada santri tidak bergerak hatinya melihat kekacauan negeri ini.

Kita flasback pada tahun sebelum kemerdekaan, pada saat perjuangan melawan Penjajah

Kita mengenal pahlawan pahlawan yang berasal dari santri, ulama dan kyai, mulai dari teuku umar, cut nyak dien, pangeran diponegoro, tuanku imam bonjol dan banyak lagi yang lainnya

Kita flasback pada tahun tahun kemerdekaan.

BACA JUGA:   DESI INDRIANINGSIH: Mari kita Sukseskan PELANTIKAN & MUKERWIL PW Pemuda Muslimin Indonesia Sulawesi Tengah

Dalam catatan sejarah kemerdekaan bangsa, santri memiliki peran memperjuangkan kemerdekan Republik Indonesia. Sebagaimana diceritakan oleh KH. Saifuddin Zuhri dalam bukunya ‘Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia’ (Al Ma’arif, Bandung 1981), Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari memanggil KH. Wahab Hasbulloh, KH. Bisri Syamsuri dan para kiai lainnya untuk mengumpulkan para kiai se-Jawa dan Madura untuk berkumpul di Surabaya, tepatnya di kantor PB ANO (Ansor Nahdlatoel Oelama).

Pada 22 Oktober Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari atas nama NU mendeklarasikan sebuah seruan Jihad Fii Sabilillah yang saat ini dikenal dengan istilah Resolusi Jihad. Ada tiga poin penting dalam Resolusi Jihad itu. Pertama, setiap muslim — tua, muda, dan miskin sekalipun — wajib memerangi orang kafir yang merintangi kemerdekaan Indonesia. Kedua, pejuang yang mati dalam perang kemerdekaan layak disebut syuhada. Ketiga, warga Indonesia yang memihak penjajah dianggap sebagai pemecah belah persatuan nasional, maka harus dihukum mati.

Fatwa jihad ini kemudian digelorakan oleh Bung Tomo melalui radio disertai dengan teriakan ‘Allahu Akbar’, sehingga berhasil membangkitkan semangat juang kalangan santri untuk melawan penjajah. Para kiai dan santri kemudian bergabung dengan pasukan Sabilillah dan Hizbullah yang terbentuk sebagai respon atas Resolusi Jihad. Kelompok ini kemudian banyak berperan penting dalam peristiwa 10 November yang kini kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Itulah perjuangan para kiai dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Semua demi apa? Demi kita bebas dari penjajahan, demi bangsa Indonesia merdeka. Eh kini kok malah dibilang santri anti NKRI, sungguh ungkapan yang tidak dilandasi pengetahuan sejarah.

Dalam masa kini santri pun tetap memiliki peranan yang strategis, dalam rangka mengisi dan melanjutkan cita cita perjuangan NKRI. Maka tak salah jika tahun ini Slogan Hari Santri nya “ Santri Sehat Indonesia Kuat”, mengapa ??? Karena di masa Pandemik Global saat ini, Santri di berbagai pesantren yang tersebar di seluruh wilayah NKRI terus menerus tanpa berhenti, mempersiapkan diri, menimba ilmu agama dan pengetahuan umum, mempersiapkan generasi generasi penerus yang berakhlaq mulia, yang kuat dan tanggul secara mental, rohani dan jasmani.

BACA JUGA:   Pemuda Muslim Propinsi Aceh: Selamat dan Sukses Pelantikan & Musyawarah Kerja Wilayah PW Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2020 – 2025

Saya meyakini dari jejak perjalanan santri sejak awal mula perjuangan sampai saat ini, maka tak salah jika saya punya pendapat

“SANTRI ADALAH PIONIR PERJUANGAN DI SEPANJANG MASA, KEHADIRANNYA SENANTIASA MENGINSPIRASI SETIAP KELUARGA,KIPRAH DAN BAKTINYA SELALU DINANTI OLEH NEGARA”

Para santri dan santriwan yang saya cintai,

Sebagai santri tentu kita harus mempunyai tujuan yang baik, apa tujuan kita mesantren di pondok? Tak lain tujuannya ialah mencari Ilmu agama, mensyiarkan ilmu agama dan menghilangkan kebodohan yang kita miliki. Miliki niat yang ikhlas dan suci hati insyaallah  Allah Swt akan meridhoi kita. Langkah kita akan dimudahkan dan setiap detiknya kita akan diberikan pahala oleh Allah SWT.

Dengan adanya peringatan hari santri nasional ini mari kita lebih bersemangat dalam mencari ilmu agama, lebih rajin, disiplin meraih ilmu pengetahuan dan melatih keterampilan, hingga kita bisa menjadi santri santri yang multi talenta yang siap menyongsong masa Society 5.0.

Semoga kita dapat selamat dunia dan akhirat. Dengan mesantren janganlah takut kita tidak dapat makan, kita tidak dapat mempunyai pekerjaan tapi dengan niat yang ikhlas dan suci hati kita mencari ilmu agama nanti jalan untuk mendapat dunia juga akan mudah. Insya Allah. Aamiin YRA.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.

Fattaqullaha Mastatha’tum

Billahi Fie Sabilil haq

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Jakarta, 22 Oktober 2020

PIMPINAN BESAR PEMUDA MUSLIM INDONESIA

Ervan Taufiq

Ketua Umum

sumber: instagram.com/pbpemudamuslimindonesia

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini