by

Peristiwa 16 Oktober: Berdirinya Sarekat Islam

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik di dalam maupun luar negeri yang terjadi pada 16 Oktober tiap tahunnya. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 16 Oktober adalah berdirinya Sarekat Islam.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting pada 16 Oktober dari Wikipedia, antara lain:

1. Berdirinya Sarekat Islam

Syarikat Islam (disingkat SI), atau Sarekat Islam, dahulu bernama Sarekat Dagang Islam didirikan pada 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi.

SDI merupakan organisasi yang pertama kali lahir di Indonesia, pada awalnya Organisasi yang dibentuk oleh Haji Samanhudi dan kawan-kawan ini adalah perkumpulan pedagang-pedagang Islam yang menentang politik Belanda memberi keleluasaan masuknya pedagang asing untuk menguasai komplar ekonomi rakyat pada masa itu. Pada kongres pertama SDI di Solo tahun 1906, namanya ditukar menjadi Sarikat Islam.

BACA JUGA:   Angkatan Laut Belanda Takut kepada Sarekat Islam dan Komunis

Pada tanggal 10 September 1912 berkat keadaan politik dan sosial pada masa tersebut HOS Tjokroaminoto menghadap notaris B. ter Kuile di Solo untuk membuat Sarikat Islam sebagai Badan Hukum dengan Anggaran Dasar SI yang baru, kemudian mendapatkan pengakuan dan disahkan oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 14 September 1912.

2. Tiongkok ledakan bom atom pertamanya

Pada 16 Oktober tahun 1964, Republik Rakyat Tiongkok meledakkan bom atom pertamanya. Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya, Prancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan.

Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israelenggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak.

3. The Walt Disney Company didirikan

BACA JUGA:   Kebangkitan Nasional versi Sarekat Islam

The Walt Disney Company (secara harfiah berarti “Perusahaan Walt Disney”, atau lebih dikenal dengan nama Disney) adalah perusahaan konglomerat di bidang hiburan dan media terbesar di dunia.

Didirikan pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disneydengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Pusatnya terletak di Burbank, California.

4. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

Pada 16 Oktober 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Seiring perjalanan, Sandiaga mengundurkan diri untuk menjadi Calon Wakil Presiden pada 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto. Namun, kalah dari Pemilu.

Kini, Anies Baswedan berpasangan dengan Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

sumber: nasional.okezone.com

News Feed