by

MTs Cokroaminoto Madukara mengucapkan Selamat Milad ke-115 Tahun Syarikat Islam

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Organisasi Syarikat Islam yang pada awal berdirinya bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan oleh H. Samanhudi beserta para pedagang Batik, sebagai ihtiar untuk mempersatukan pedagang bumi putera (pribumi) sebagai langkah perlawanan dominasi asing dalam bidang perdagangan.
Seiring perkembangan, SDI yang berubah nama menjadi Syarikat Islam, semenjak masuknya almarhum yang utama HOS. Tjokroaminoto lebih masif dalam pergerakan, dengan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya persatuan, pentingnya kesadaran sebagai bangsa. Gerakan tersebut diantaranya melalui tulisan melalui surat kabar yang didirikan oleh SI dan melakukan kunjungan ke daerah-daerah, sekaligus mengumpulkan anggota dalam skala besar.
Pada tahun 1916, HOS Tjokroaminoto untuk pertama kalinya menggaungkan kata nasional dalam kongres SI, dengan kata NATICO (National Indische Congres). Disamping penggunaan nama Nasional, dalam Konggres tersebut, HOS Tjokroaminoto menggaungkan kalimat Zelfbestuur (pemerintahan sendiri) dalam pidatonya yang dilaksanakan di gedung Concordia (sekarang lebih dikenal sebagai Gedung Merdeka) Bandung Jawa Barat.
Selamat Milad Syarikat Islam ke 115 tahun, Pergerakan Syarikat Islam Menuju Masyarakat 5.0.
(sbw)
sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara
BACA JUGA:   Peristiwa 16 Oktober: Berdirinya Sarekat Islam

News Feed