by

Sugianto Sabran Pernah Didiskualifikasi di Pilkada Kotawaringin Barat

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

AKURAT.CO, Sugianto Sabran, calon gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) pernah dinyatakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan kecurangan saat Pilkada Bupati Kotawaringin Barat 2010. Sugianto diputuskan dibatalkan kemenangannya dikarenakan melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM).

Saat Pilkada Kotawaringin Barat 2010 tersebut, lawan Sugianto Sabran adalah Ujang Iskandar,dan saat itu Ujang langsung ditunjuk sebagai pemenang Pilkada Kotawaringin Barat 2010. Anggota MK saat itu, Hamdan Zoelva, membenarkan bahwa paslon tersebut didiskualifikasi.

Hamdan Zoelva juga menambahkan, pemungutan suara ulang tidak dilakukan dikarenakan penyebab didiskualifikasinya paslon adalah kecurangan secara TSM, karena jika dilakukan pemungutan ulang kembali, diyakini paslon akan melakukan kecurangan kembali. Hamdan Zulfa bahkan menambahkan, kecurangan yang dilakukan oleh Sugianto Sabran tersebut dilakukan di seluruh kabupaten daerah pemilihan.

“Betul, karena TSM-nya seluruh wilayah di kabupaten. Kalau diulangi juga terjadi hal yang sama,” tegas Hamdan Zoelva (30/5/2019).

Untuk diketahui, pada Putusan MK Nomor 45/PHPU.D-VIII/2010 MK memutuskan Membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum /KPU Kotawaringin Barat Nomor 62/Kpts-KPU-020.435792/2010 tanggal 12 Juni 2010 tentang Penetapan Hasil Perolehan Suara Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Dalam Pemilihan Umum Bupati Dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat Tahun 2010.

Berita Acara Nomor 367/BA/VI/2010 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat, tertanggal 12 Juni 2010, sepanjang mengenai perolehan suara Pasangan Calon Nomor Urut 1 atas nama H. Sugianto dan H. Eko Soemarno, SH. Mendiskualifikasi Pasangan Calon Nomor Urut 1 atas nama, H. Sugianto dan H. Eko Soemarno, SH., sebagai Pemenang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat; Memerintahkan KPU Kabupaten Kotawaringin Barat untuk menerbitkan surat Keputusan yang menetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2 yaitu Dr. H. Ujang Iskandar, ST., M.Si dan Bambang Purwanto, S.ST. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Umum Kepala 194 Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2010.

BACA JUGA:   2 Oktober 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Keputusan MK tersebut ditandatangani Ketua MK Mahfud MD, dan dengan Anggota MK; Achmad Sodiki, Akil Mochtar, Muhammad Alim, Hamdan Zoelva, Maria Farida Indrati, Harjono, M. Arsyad Sanusi, Ahmad Fadlil Sumadi, dan dengan Panitera Pengganti Saiful Anwar.

Salah satu kecurangan yang tertulis dalam Putusan MK tersebut adalah adanya Relawan Sugianto yang terdaftar sebagai Petugas KPPS dengan jumlah yang cukup fantastis yaitu, di Kecamatan Arut Selatan 17 orang Ketua KPPS, Kecamatan Arut Utara 6 orang Ketua KPPS, Kecamatan Kotawaringin Lama 7 orang Ketua KPPS, Kecamatan Kumai 17 orang Ketua KPPS, Kecamatan Pangkalan Banteng 21 orang Ketua KPPS, dan Kecamatan Pangkalan Lada 17 orang Ketua KPPS.

BACA JUGA:   25 September 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Kejadian didiskualifikasinya paslon yang pertama dan satu-satunya dalam sejarah sejak berdirinya MK ini menjadi pertimbangan masyarakat dan para akademisi di Kalteng dikarenakan bahwa menjadi perhatian dan kewajiban kita semua bagaimana menjadikan ajang pemilihan demokrasi terlaksana dengan baik dan jujur sehingga cita-cita demokrasi agar bangsa kita kedepannya menjadi bangsa yang lebih baik dan agar terbangunnya daerah terutama daerah Kalteng yang maju dapat kita capai.[]

sumber: akurat.co


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed