Home Berita Umum Legislator PAN: Orang Sumbar Itu Pancasilais

Legislator PAN: Orang Sumbar Itu Pancasilais

by admin
1 views

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Legislator PAN Guspardi Gaus menyoroti soal pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani yang menyinggung warga Sumatera Barat atau masyarakat Minang.

“Saya sangat menyayangkan seorang pejabat negara, petinggi partai mengeluarkan statemen yang menimbulkan kegaduhan bagi masyarakat,” ujar Guspardi Gaus dalam keterangan yang diterima, Kamis (3/9/2020).

Anggota Komisi II DPR RI itu meminta Puan Maharani yang saat ini menjabat ketua DPR untuk kembali membaca sejarah bangsa.

Pasalnya, banyak tokoh asal Sumbar yang juga ikut andil dalam perumusan UUD dan Pancasila, di antaranya Bung Hatta, KH. Agus  Salim, M.Yamin, dan Sutan Syahrir.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Jumat, 8 Oktober 2021 Pukul 20.00 - 21.00 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

“Tidak mungkin orang Sumbar itu tidak Pancasila. Orang Sumbar itu paling pancasilais,” tambahnya.

Gaus pun meminta agar Puan Maharani berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan yang justru menimbulkan polemik di kalangan masyarakat.

“Coba lihat mana ada kegaduhan yang muncul. Jadi oleh karena itu, hati-hatilah dalam menyampaikan statemen yang akan menyakiti masyarakat banyak,” ucapnya.

Berkaitan dengan Pancasila, Gaus menilai seharusnya Puan paham bahwa kelima sila Pancasila itu dilaksanakan oleh masyarakat, tanpa diberikan penataran, tanpa diberikan pemahaman, dan itu adalah jati diri orang Minang.

“Karena apa? Pendiri bangsa itu dari Minang, tentu nilai-nilai keminangan itu terbesit oleh inisiator, dan para perumus Pancasila itu. Ini yang harusnya Ibu Puan paham,” pungkasnya.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Rabu, 1 September 2021 Pukul 06.00 - 06.40 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, rekomendasi untuk Pilkada di Sumatera Barat diberikan kepada Mulyadi dan Ali Mukhni.

Setelah mengumumkan pasangan calon tersebut, Puan menyampaikan harapannya kepada Provinsi Sumatera Barat.

“Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila. Bismillahirahmannirrahim,” ucap Puan saat pengumuman pasangan calon kepala daerah gelombang V secara virtual, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Diketahui, Mulyadi merupakan politikus Partai Demokrat dan Ali Mukhni yaitu Bupati Padang Pariaman.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak

sumber: tribunnews.com

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini