by

Kembangkan Budidaya Kelor, Ponpes Darul Hikmah Jadi Contoh di Lombok Tengah

Print Friendly, PDF & Email

Lombok Tengah, suarabumigora.com – Kebutuhan bahan baku tanaman kelor di NTB cukup tinggi. Tanaman kelor diolah menjadi berbagai barang berharga dan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Hal demikian membuat Ponpes Darul Hikmah Darek mulai melirik tanaman satu ini.

“Kita akan hijaukan Ponpes,” terang Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hikmah Darek, Humam Balya, usai menerima kunjungan Direktur PT Tri Utami dan Pengurus Wilayah Syarikat Islam NTB, Minggu (23/8/2020).

PT. Tri Utama merupakan perusahaan yang telah mengelola tanaman kelor menjadi beraneka barang berharga. Mulai diolah menjadi Teh Kelor, Sabun Kelor, Kosmetik berbahan dasar Kelor, obat kapsul kelor. Terakhir ialah biskuit Kelor.

Pada kesempatan itu Direktur PT. Tri Utama Nasrin H. Mukhtar menyerahkan 12.000 bibit kelor pada Pimpinan Ponpes Darul Hikmah Darek Lombok Tengah. Pihaknya berharap agar Ponpes Darul Hikmah Darek menjadi pusat percontohan pengembangan tanaman kelor di Lombok Tengah.

BACA JUGA:   FOTO: PPP Silaturahmi ke Syarikat Islam

“Bibit ini akan kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kita tanam,” sebut Humam.

Sementara itu Nasrin H. Mukhtar mengaku jika kebutuhan pihaknya akan bahan baku kelor sangat tinggi. Hal itu seiring dengan permintaan produk-produk berbahan kelor yang juga sangat tinggi setiap bulan. Pangsa pasar kelor sebutnya tidak hanya luar daerah, namun juga dalam daerah.

Selain itu Nasrin yang juga Sekjen SI NTB berharap agar tanaman kelor di Ponpes Darul Hikmah kedepan menggunakan konsep pertanian dan peternakan terintegrasi dengan tanaman lain dalam bentuk tumpang sari.

BACA JUGA:   Ketua Pimpinan Syarikat Islam Desak Jokowi Usir Dubes Prancis dari Indonesia

“Semoga menjadi awal yang baik dan bisa menjadi contoh untuk pengembangan budidaya kelor di Lombok Tengah,” sebutnya.

Saat yang sama, Ketua PW Syarikat Islam NTB H. Zainul Aidi, berharap penanaman bibit kelor di area Ponpes dapat meningkatkan ekonomi ummat. Dijelaskan Zainul Aidi, selain Ponpes Darul Hikmah, ada beberapa lokasi yang akan menjadi basis pembinaan Syarikat Islam NTB dalam mengembangkan budidaya kelor. Seperti di Ponpes Al-Umariyah Batunyala dan Ponpes Nurul Ikhlas Mujur.

“Ini ikhtiar Syarikat Islam NTB dalam mengembangkan potensi ekonomi ummat di NTB melalui penanaman bibit kelor yang nantinya akan diolah menjadi beragam produk,” tandasnya. (lws)

sumber: suarabumigora.com

News Feed