Home Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Gabungan Mahasiswa Ajak Masyarakat Tolak Relokasi Perusahaan Asing Masuk Ke Indonesia Karena Banyak Dampak Buruk Untuk Lingkungan

Gabungan Mahasiswa Ajak Masyarakat Tolak Relokasi Perusahaan Asing Masuk Ke Indonesia Karena Banyak Dampak Buruk Untuk Lingkungan

by admin
4 views

Jakarta, Menyikapi rencana relokasi perusahaan asing ke Indonesia secara besar besaran, gabungan elemen dan organisasi mahasiswa dan pemuda mendeklarasikan Legiun Bela Pancasila di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (21/8).

Organisasi dan elemen tersebut diantaranya Lembaga Pariwisata & Pencinta Alam (Leppami) PB HMI, Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (BEM PTAI), Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Korps Mahasiswa Gerakan Pemuda Islam Indonesia (Korpma GPII), Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PERISAI) dan Forum Mahasiswa Merah Putih.

Acara yang digelar dalam memperingati 1 Muharram 1442 Hijriah tetap mengikuti protokol kesehatan dan menggunakan masker. Acara juga dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan doa bersama yang di pimpin oleh Sekretaris Jenderal Nasional BEM PTAI, Yayan S.

“Dimas Selaku Koordinator Nasional Forum Mahasiswa Merah Putih juga Mengatakan Kami juga Melakukan doa tolak bala atas rencana pemerintah yang akan melakukan relokasi perusahaan asing besar besaran dan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan dampak negatif lainnya. Semoga Allah SWT memaafkan kita semua atas hal ini,” ujar Dimas saat dimintai keterangan.

BACA JUGA:   SEMMI Sulbar: Dirgahayu @tni_angkatan_laut , Jalaseva Jayamahe !

Selanjutnya, Rizki dari lembaga pencipta alam PB HMI menerangkan acara deklarasi ini merupakan tahap awal dari serangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh LBP demi mewujudkan kemandirian ekonomi berdasarkan cita cita proklamator Indonesia.

“Jadilah Tuan Dinegeri Sendiri. Bung Karno pernah mengucap itu bukan tanpa sebab. Relokasi asing ke Indonesia akan lebih banyak berdampak negatifnya ketimbang positifnya. Untuk itu, kedepan kita akan lakukan diskusi hingga aksi besar-besaran untuk menolak relokasi perusahaan asing ke Indonesia,” Rizki di lokasi acara.

Kegiatan memperingati tahun baru islam dan deklarasi LBP tolak Perusahaan asing diakhiri dengan pembacaan sikap bersama oleh puluhan mahasiswa dan pemuda dilokasi acara.

Untuk diketahui, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjelaskan bahwa proses menarik investasi dari 7 perusahaan asing dilakukan setelah BKPM membentuk tim satuan tugas (satgas) khusus relokasi investasi.

Tim tersebut kemudian mengawal perizinan perusahan mulai dari kementerian lembaga terkait hingga pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Pelantikan pengurus wilayah SEMMI jawa barat peiode 2021-2023

Sebanyak 7 perusahaan asing yang berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan memastikan akan merelokasi usahanya ke Indonesia.

Bahlil memaparkan ketujuh perusahaan yang merelokasi investasi adalah Alpan Lighting (PT CDS Asia) dari Amerika Serikat, bidang usaha industri lampu dengan tenaga surya; Sagami Electric (PT. Sagami Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri komponen elektronika; Denso (PT. Denso Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri suku cadang kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, perusahaan – perusahaan tersebut mencakup Panasonic (PT. Panasonic Manufacturing Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri barang elektronika; Meiloon (PT. Meiloon Technology Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri speaker, audio dan video elektronik; Kenda Tire (PT. Kenda Rubber Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri ban; serta LG Electronics (PT. LG Electronics Indonesia) dari Korea Selatan, bidang usaha industri perlengkapan elektronika.

7 perusahaan tersebut, terdapat 17 investor lain yang telah menyampaikan minatnya untuk melakukan relokasi atau diversifikasi industrinya ke Indonesia. (Red)

sumber: redaksijakarta.com

You may also like

Open chat
Punya Berita Seputar Syarikat Islam? Kirim melalui link ini