by

ZIARAH TOKOH PRAMUKA BANJARNEGARA

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Gerakan Pramuka yang lahir dari kepanduan-kepanduan di Indonesia menjadi hal yang patut untuk bersama-sama dilestarikan, diberdayakan demi keberlangsungan kepemimpinan di Indonesia. Pembinaan dan pemberdayaan generasi muda melalui pramuka perlu terus diusahakan bersama-sama untuk masa depan dan kemajuan bangsa dan Negara.

Diusia Pramuka ke 59 ini, Pengurus Kwartir Cabang Banjarnegara mendapat anugerah penghargaan dari Kwartir Nasional berupa Tanda penghargaan Lencana Karya Bhakti yang dianugerahkan kepada Kak. Agus Triyono, S.Pd dan Kak. Sugeng Wiyono, S.Pd. Sedangkan Tanda Penghargaan Lencana Dharma Bhakti diberikan kepada Kak. Miskam, S.Pd. Ini perlu menjadi motivasi bagi generasi muda untuk  terus bergerak dan berdaya guna mengembangkan segala potensi untuk pengembangan kepramukaan di Banjarnegara.

Sebagai sarana untuk menggali, mengenalkan semangat kepramukaan kepada generasi muda, Kwartir Cabang Banjarnegara dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke 59, menyelenggarakan Ziarah ke makam tokoh Pramuka di Banjarnegara. Berikut ini beberapa lokasi ziarah ke makam tokoh Pramuka Banjarnegara yang dilaksanakan pada tanggal hari Jum’at 14 Agustus 2020.

1. H.M Kosim

HM. Kosim merupakan putra asli Banjarnegara. Pernah berjuang bersama Kyai H. Agus Salim yang tercatat pertama kali mencetuskan penggunaan kata Pandu sebagai pengganti kata Padvinderij. Peristiwa ini berlangsung pada saat Kongres Pandu SIAP yang merupakan ortonom Syarikat Islam.  Untuk mengenang peristiwa ini, pada tahun 2013 di Banjarnegara dibangun monumen di komplek Darul Ma’arif Cokroaminoto Banjarnegara (SMK Cokroaminoto 01 Banjarnegara). Sebelum meleburnya kepanduan di Indonesia menjadi Pramuka, almarhum HM. Kosim aktif di Pandu SIAP. Lagu Mars dan Hymne yang berkaitan dengan Pandu SIAP merupakan ciptaan H.M. Kosim, tokoh SI dari Kabupaten Banjarnegara yang pernah menjabat sebagai Pimpinan Besar Pandu SIAP. Setelah melebur menjadi Pramuka, HM. Kosim aktif penggerak memajukan pramuka di Banjarnegara. Dalam catatan penelusuran biografi, pernah menjadi Ketua Kwarcab Banjarnegara masa bakti 1979-1983 dan 1983-1988. Pada masa-masa kepemimpinannya, yang saat sekarang SPBU dalam kota Banjarnegara pernah dijadikan sebagai Kantor Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara.

BACA JUGA:   PIMCAB SAKO Pramuka SIAP mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-59 Tahun

Aktif sebagai pelatih Pembina Pramuka dari tahun1970 an. Meninggal pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2014 dan dimakamkan di kompleks Pemakaman Jenggul Krandegan, Banjarnegara.

2. Drs. Puryono.

Dalam perjalanan di Pramuka, Almarhum Drs. Puryono pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Banjarnegara pada masa bakti 1988-1993 dan 1993-1998. Berkat kegigihannya dan pengurus pada masa kepemimpinannya, Kak Puryono berhasil menggunakan salah satu gedung yang berada dikompleks SD Negeri 1 Sokanandi sebagai Sanggar Pramuka.

3. Drs. H. Suwarso WS

Drs. H. Suwarso WS merupakan Putra asli Banjarnegara yang dilahirkan di Desa Lemahjaya (Karabaok) Kec. Wanadadi Banjarnegara pada tanggal 16 Februari 1958. Jabatan yang pernah menjadi tanggungjawabnya di Kwarcab Banjarnegara adalah  sebagai Ketua DKC, Waka IV Bid.Humas (1998-2003), Kepala LEMDIKACAB, (2003-2008), dan (2009-2014), Waka Bid.Humas, Abdimas .& LH (2015-2020), Pengurus Pimnas Sako Pramuka SIAP. Disamping menjadi pengrus, juga sebagai Pelatih Pembina Pramuka

BACA JUGA:   AHMAD MANSUR SURYANEGARA: HADJI AGOES SALIM BAPAK PANDU INDONESIA

(1985-2020). Meninggal pada hari Selasa Pon, 12 Mei 2020 di RSUD Banjarnegara pukul 04.05 WIB dan dimakamkan dikompleks Pemakaman Giri Indah Puntuk Kutabanjar Banjarnegara.

4. Kuswandi, S.Pd.

kuswandi, S.Pd di Kwartir Cabang Banjarnegara pernah menjabat sebagai Ancuset (1998-2003), Ancab. Litbang (2003-2008), Anggota Pelatih Pembina Pramuka (1993-2006). Beliau meninggal dunia pada  hari Selasa tanggal 31 Oktober 2006.

Melalui kegiatan ziarah ini diharapkan generasi muda mampu mengenal dan termotivasi untuk mengembangkan kepramukaan di Banjarnegara. (SBW)

Sumber: Beberapa informasi diperoleh dari Kak. Agus Triyono, S.Pd/Ketua Satuan Pengawas Internal Kwarcab Banjarnegara dan dari sumber informasi lainnya.

sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara

News Feed