by

5 Rekomendasi Film tentang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia membutuhkan waktu yang sangat lama. Selama berabad-abad, negeri kita dijajah, sampai akhirnya kita bisa mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Hal tersebut tidak lepas dari kerja keras dan perlawanan para pahlawan memerangi penjajah. Atas jasa mereka, kita pun bisa menikmati hasil kemerdekaan yang saat itu sulit diraih tanpa pertumpahan darah dan keringat.

Untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut, berikut rekomendasi film tentang pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton di waktu senggang.

Jenderal Soedirman (2015)

Film besutan Viva Westi ini memperlihatkan perjuangan salah seorang pahlawan nasional, Jenderal Soedirman, dalam memimpin Perang Gerilya. Selain itu, film ini menampilkan tokoh-tokoh lain seperti Tan Malaka, Soekarno, Mohammad Hatta, Tjokropranolo, dan lain-lain yang diperankan oleh aktor-aktor ternama.

Jenderal Soedirman diperankan Adipati Dolken. Perjuangan pahlawan kemerdekaan yang satu ini juga dibumbui dengan pergulatan penyakit paru-paru yang dideranya, namun tidak memengaruhi semangatnya mengatur strategi perang dan ikut dalam penyerangan melawan penjajah.

BACA JUGA:   Indonesia Raya Tanah Merdeka Sejuta Pulau Seribu Volkano

Kartini (2017)

Salah satu pahlawan perempuan Indonesia, RA Kartini, dikisahkan dalam film biografi yang disutradarai Hanung Bramantyo. Perjuangan Kartini ini, terutama dalam mengupayakan kesetaraan hak sosial dan pendidikan perempuan dengan laki-laki pada masa itu.

Diperankan oleh aktris ternama Dian Sastrowardoyo, Kartini digambarkan sebagai seorang keturunan ningrat yang mampu bersekolah dan peduli terhadap nasib perempuan lain yang kurang beruntung ketika itu.

Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Film ini mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto membebaskan rakyat Indonesia yang saat itu masih kurang akses terhadap pendidikan dan terkungkung dalam lingkaran kemiskinan, melalui organisasi yang didirikannya, Sarekat Islam.

Aktor kawakan Reza Rahadian memerankan tokoh Tjokroaminoto. Film ini disutradarai Garin Nugroho, salah seorang sutradara besar di dunia perfilman Indonesia.Wage (2017)

Film tentang pahlawan nasional yang menciptakan lagu nasional Indonesia Raya ini disutradarai John De Rantau. Kisah kontribusi Wage Rudolf Supratman ketika peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 ini tidak lepas dari pengisahan sejak dia belia, konflik pergerakan dan propaganda yang dialaminya, hingga bakat bermusik dan proses penciptaan lagu-lagu nasional.

BACA JUGA:   HOS Tjokroaminoto Pejuang Islam dan Kemerdekaan Indonesia

Diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas, film ini dikemas dengan gaya film noir dan berhasil menyabet berbagai nomine dalam ajang penghargaan film nasional.

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Jika membicarakan film biopik tentang kemerdekaan Indonesia, tentu saja film tentang salah satu pahlawan proklamasi satu ini tidak bisa dilewatkan.  Film ini mengisahkan kehidupan presiden pertama Indonesia tersebut dari masa kecil hingga peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini juga bertabur bintang ternama, yaitu Ario Bayu yang memerankan tokoh Ir Soekarno, ada juga Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Sujiwo Tejo, dan masih banyak lagi. (Fariza Rizky Ananda)

sumber: ayobandung.com

News Feed